Mahyeldi-Audy menang di seluruh kecamatan di Payakumbuh

id Pilkada Payakumbuh,Pilgub Sumbar

Mahyeldi-Audy menang di seluruh kecamatan di Payakumbuh

Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Kota Payakumbuh di Aula KPU Kota Payakumbuh. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat nomor urut empat Mahyeldi-Audy menang di seluruh kecamatan di Kota Payakumbuh dengan total perolehan suara mencapai 22.003 suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh Haidi Mursal di Payakumbuh, Rabu, mengatakan berdasar hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Kota Payakumbuh total surat suara sah berjumlah 47.329.

"Dari total tersebut, pasangan nomor urut empat unggul di Payakumbuh dengan total perolehan 22.003 atau kurang lebih 47 persen dari total surat suara sah," kata dia.

Selanjutnya diikuti pasangan Mulyadi-Ali Mukhni dengan 12.892 suara disusul pasangan Nasrus Abit-Indra Catri dengan perolehan 8.979 suara. Terakhir pasangan Fakhrizal-Genius dengan total suara yang didapatkan 3.543 suara.

Ia mengatakan total surat suara yang terpakai di Payakumbuh berjumlah 48.388 dengan surat suara yang tidak sah sebanyak 971 suara dan surat suara sah 47.329 suara.

"Alhamdulillah seluruh calon atau saksi calon telah menerima seluruh hasil rapat pleno kemaren. Tidak ada sesuatu hal yang begitu menjadi permasalahan," ujarnya.

Dari hasil tersebut, pasangan Mahyeldi-Audy berhasil menang di lima kecamatan yang ada di Payakumbuh. Di Kecamatan Lamposi Tigo Nagari suara yang diraih pasangan tersebut sebanyak 1.586 suara.

Selanjutnya di Kecamatan Payakumbuh Barat 8.322 suara, Payakumbuh Selatan 1.974 suara, Payakumbuh Timur 4.423 suara dan Payakumbuh Utara 5.698 suara.

Sementara itu Wakil Ketua PPP Payakumbuh Edward DF mengaku bersyukur dengan hasil yang diraih oleh pasangan Mahyeldi-Audy yang diusung PKS dan PPP. Terlebih ini pertama kader PPP berhasil menduduki kursi pimpinan Sumbar.

"Alhamdulillah pasangan yang kami usung unggul cukup jauh dari pasangan lain, ini sudah berdasarkan hasil rapat pleno KPU tingkat Kota Payakumbuh," kata dia.

Ia mengatakan kemenangan Mahyeldi-Audy di Kota Payakumbuh tidak terlepas dari sosok pasangan itu sendiri dan dibantu dengan kerja keras tim pemenangan di daerah tersebut. (*)