Nasrul Abit janjikan bangun Motorsport Centre Minangkabau jika terpilih sebagai gubernur

id Gerindra, Sumbar, Pilgub

Nasrul Abit janjikan bangun Motorsport Centre Minangkabau jika terpilih sebagai gubernur

Calon Gubernur Sumbar Nasrul Abit (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Calon Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menjanjikan akan membangun Motorsport Center Minangkabau jika terpilih sebagai gubernur dalam Pilgub Sumbar yang akan digelar pada 9 Deember 2020.

Sumatera Barat memiliki banyak pencinta otomotif dan hampir setiap akhir pekan kegiatan otomotif seperti balap sampai kontes modifikasi.

Hal itu menjadi wadah kreativitas milenial Sumbar di bidang otomotif dan wajar daerah ini menjadi barometer olahraga otomotif di Sumatera.

Namun sampai kini Sumbar belum punya pusat motorsport untuk anak- anak pencinta otomotif sehingga bakat milenial Sumbar di bidang ini tidak tersalurkan dengan baik.

Hal ini mengakibatkan mereka kerap menjajal kemampuan balap mereka di jalanan dan sangat berbahaya bagi mereka dan orang lain.

“Saya melihat banyak generasi muda kita menyukai bidang ini tapi mereka belum punya tempat untuk menyalurkan hobi itu,” kata dia.

Menurut dia generasi muda yang hobi otomotif yang menyalurkan hobinya dengan melakukan balap di jalan tidak buru-buru dikategorikan nakal.

Mereka punya bakat, tetapi belum terkelola dengan baik dan fasilitas untuk menyalurkan hobi juga tidak tersedia.

“Mereka berpotensi, bukan nakal dan ugal-ugalan. Cuma, belum terkelola dengan baik,” katanya.

Nasrul Abit menyebut bahwa banyak peluang usaha dari dunia otomotif menjadi pembalap, mekanik, seniman stiker dan "airbrush", industri onderdil balap dan pakaian balap, fotografer bakap, dan YouTuber balap.

Ia mengatakan Minangkabau Motorsports Centre akan dilengkapi fasilitas yang bisa mengakomodir semua profesi di dunia industri otomotif.

“Saya ingin memberikan tempat yang representatif untuk mereka dan mereka bisa menggeluti profesi itu di Motorsport Centre Minangkabau yang akan kita bangun,” kata dia.

Nasrul Abit menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas otomotif rencananya akan diserahkan kepada pihak ketiga.

Pemerintah Provinsi Sumbar akan mempersiapkan lahan untuk berdirinya Minangkabau Motorsports Centre.

Nasrul Abit menyatakan bahwa sudah ada pengusaha yang bersedia menjadi donantur pembangunan Minangkabau Motorsports Centre.

“Sudah ada yang menyatakan bersedia, tanah kita juga sudah ada. Lokasinya arah ke Bandara Internasional Minangkabau dan mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk memimpin Sumbar agar bisa membangun sirkuit permanen untuk anak-anak racing Minang di akhir pengabdian saya untuk Sumbar,” ucapnya.

Selain itu, Nasrul Abit berencana menyematkan nama Aditya 19 Corner atau tikungan Aditya Anugrah.

Ia juga ingin membangun museum untuk almarhum Aditya Anugrah (juara nasional balap motor) sebagai penghormatan untuk Adit, pembalap jalanan asal Sumbar yang berhasil meraih mimpi sebagai juara nasional.

“Pembalap kita sudah berkarir di tingkat nasional, salah satunya Aditya Anugerah. Dia sosok inspiratif dunia otomotif Sumatra Barat,” kata dia.