Bank Nagari bantu UMKM lewat program Simamak

id Bank Nagari, Jamkrida, Dirut, kredit UMKM

Bank Nagari bantu UMKM lewat program Simamak

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad (Istimewa)

Padang (ANTARA) - Bank Nagari terus berupaya untuk kembali memulihkan sektor perekonomian masyarakat Sumatera Barat salah satunya dengan meluncurkan Program Simamak.

Program Simamak merupakan skema pinjaman tanpa agunan berbunga rendah untuk membantu sektor UMKM di tengah pandemi COVID-19.

Adanya program tersebut diharapkan pelaku UMKM bisa bangkit serta bisa menyelamatkan mereka dari jeratan para rentenir.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad di Padang, Selasa (27/10) mengatakan Program Simamak tersebut menjadi harapan bagi pelaku UMKM di Sumatra Barat.

"Program Simamak kedepan akan menjangkau UMKM dengan memberikan pinjaman modal usaha dengan nilai maksimal Rp3 juta dengan bunga pinjaman 7 persen per tahunnya," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa nama Simamak diumpamakan mamak atau paman sebagai seorang yang bisa jadi tempat mengadu.

Dengan adanya Program Simamak dapat menjadi tempat mengadu para UMKM kepada Bank Nagari agar usaha tetap produktif, tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk menjalankan program itu dibutuhkan payung hukum seperti Peraturan Gubernur.

"Pergub itu sejauh ini masih menunggu berbagai tahapan lainnya termasuk tahapan yang harus dilalui di tingkat DPRD Sumbar," katanya.

Sementara itu Bank Nagari telah menargetkan penyaluran pinjaman modal usaha melalui Program Simamak itu pada awal Oktober tapi karena Pergub belum ada maka program tersebut belum bisa diluncurkan.

Untuk menjalankan program tersebut, Bank Nagari juga bekerjasama dengan PT Jamkrida yang akan menjadi penjaminan kredit bagi pelaku UMKM yang nantinya ingin mendapatkan pinjaman itu.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar