Pemkab Solok berharap pendidikan pondok pesantren maju dan berkembang

id berita kabupaten solok,berita sumbar,pesantren

Pemkab Solok berharap pendidikan pondok pesantren maju dan berkembang

Pemkab Solok mengikuti upacara memperingati hari santri 2020 secara virtual. (antarasumbar/Istimewa)

Kami berharap pendidikan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Solok ini terus maju dan berkembang,
Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok berharap pendidikan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat terus maju dan berkembang serta menjadi spirit pendidikan umum untuk bisa melahirkan generasi berakhlak mulia berkarakter islami sebagaimana para santri di pondok pesantren.

"Kami berharap pendidikan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Solok ini terus maju dan berkembang," ujar Bupati Solok yang diwakili Asisten Koordinator Ekbangkesra Medison di Arosuka, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu pada saat mengikuti upacara dalam rangka memperingati hari santri 2020 secara virtual.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kegiatan Kementerian Agama dalam rangka hari santri yang telah turut peduli pada wabah yang menimpa bangsa ini.

"Dengan mengangkat tema hari Santri berkaitan dengan upaya pencegahan COVID-19, terlihat bahwa semua lini bangsa ini ikut berperan aktif mencegah pandemi termasuk pondok pesantren dan Kementerian Agama," ucap dia.

Ia juga mengatakan keberadaan pondok pesantren telah ikut mewarnai pembangunan di Kabupaten Solok, khususnya melalui pendidikan yang dicetuskan dalam sekolah umum berbasis pesantren.

Ia berharap pendidikan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Solok terus maju dan berkembang serta menjadi spirit pendidikan umum untuk bisa melahirkan generasi berakhlak mulia berkarakter islami sebagaimana para santri di pondok pesantren.

Di samping itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Solok, Alizar juga mengapresiasi bupati Solok yang diwakili oleh Asisten Koordinator Ekbangkesra Medison karena telah memberikan perhatian khusus kegiatan keagamaan di Kabupaten Solok, khususnya di pondok pesantren.

Kegiatan upacara virtual ini bukan hanya di kantor Kemenag Kabupaten Solok, tetapi juga diikuti oleh madrasah dan KUA di tempat masing-masing karena ini merupakan bentuk pencegahan kerumunan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.

"Kabupaten Solok merupakan kabupaten di Sumatera Barat yang secara gamblang dalam menetapkan sekolah umum berbasis pesantren," ujar dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar