Legislator : Sumbar harus mampu manfaatkan potensi yang ada di usia 75 tahun

id Ketua DPRD, sumbar, supardi, hut sumbar, 75 tahun

Legislator : Sumbar harus mampu manfaatkan potensi yang ada di usia 75 tahun

Ketua DPRD Sumbar Supardi (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi mengatakan provinsi itu harus mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki baik sumber daya alam, sumber daya manusia, budaya, karakter dan lainnya untuk maju dan sejajar dengan provinsi lainnya.

"Sumbar telah berusia 75 tahun dan ini merupakan usia yang sudah sangat matang untuk menjadi provinsi yang lebih baik," kata politisi Gerindra itu di Padang, Rabu.

Dirinya berharap di usia yang tak lagi muda, Sumatera Barat bisa jauh unggul dibanding provinsi lainnya.

Apalagi Sumatera Barat dikenal sebagai gudangnya ilmu, gudang orang-orang cerdas, pejuang, dan gudangnya orang-orang pebisnis.

Menurutnya jika dibandingkan dengan provinsi lain, harus diakui masih banyak persoalan yang harus dibenahi mulai dari pembangunan yang stagnan, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum maksimal, dan Sumber Daya Alam (SDA) yang belum tergarap.

Ia mengatakan sejumlah persoalan tadi ada karena disebabkan berbagai faktor mulai dari isu gempa, persoalan lahan, dan yang lainnya.

"Kita berharap, ke depan tak lagi terjebak dengan semua itu," kata dia.

Ia mengatakan Pemda harus dapat memanfaatkan isu yang ada sebagai sebuah kekuatan untuk berbenah.

”Kita harus mampu menunjukkan Sumbar itu aman, baik dari segi investasi, termasuk mengantisipasi dampak gempa. Jika tidak, 5 tahun lagi kita bisa kalah dari provinsi tetangga, seperti dari Jambi, Bengkulu," katanya

Apalagi 9 Desember mendatang Sumbar akan menggelar Pilkada serentak untuk memilih pemimpin yang baru dan dirinya berharap kepala daerah yang terpilih adalah sosok yang mampu mengubah pola pikir tentang masalah Sumatera Barat, ke depan harusnya seperti apa.

”Kita tak perlu banyak berteori tentang masalah pembangunan Sumbar. Sumbar harus dibangun dengan sistem dan sumber daya manusia yang ada dan epala daerah terpilih harus punya visi misi yang jelas dan terukur, sehingga 75 tahun umur Sumbar tidak hanya dimaknai secara seremonial, tapi ada evaluasi terkait pembangunan yang telah dijalankan,” katanya.

Perayaan HUT Sumatera Barat ke-75 digelar di DPRD dalam bentuk Rapat Paripurna Istimewa yang digelar secara virtual pada Kamis (1/10).
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar