Optimalkan potensi zakat, Baznas Sumbar tambah 55 UPZ

id berita padang,berita sumbar,baznas

Optimalkan potensi zakat, Baznas Sumbar tambah 55 UPZ

Acara Baznas Sumbar. (antarasumbar/Istimewa)

UPZ itu 46 unit adalah UPZ Tuah Sakato yang dibentuk di sejumlah masjid yang tersebar di Sumbar dan sembilan lagi khusus untuk lingkup Dinas Pendidikan,
Padang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Barat (Sumbar) membentuk 55 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) baru di provinsi itu untuk meningkatkan penerimaan zakat guna kepentingan umat.

"UPZ itu 46 unit adalah UPZ Tuah Sakato yang dibentuk di sejumlah masjid yang tersebar di Sumbar dan sembilan lagi khusus untuk lingkup Dinas Pendidikan," kata Ketua Baznas Sumbar, Prof. Dr. H. Syamsul Bahri Khatib saat pelantikan di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan UPZ merupakan perpanjangan Baznas yang memiliki kekuatan hukum untuk bertindak melakukan kegiatan pengumpulan zakat di daerah masing-masing.

Zakat yang berhasil dikumpulkan itu dihimpun untuk meningkatkan kesejahteraan umat melalui berbagai program.

Ia menerangkan pengelolaan zakat jika dilakukan dengan optimal, produktif, amanah dan proses pengelolaannya diarahkan dengan tepat disertai manajemennya yang baik serta kontrol sosial yang baik pula maka akan memperkuat upaya pengentasan kemiskinan di daerah Ranah Minang yang dicintai ini.

"Kami sangat berharap, pengurus UPZ bisa bekerja dengan amanah, transparan, dan profesional serta meningkatkan kesadaran umat untuk berzakat melalui amil zakat, dan memaksimalkan peran zakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui sinergi dan koordinasi dengan lembaga terkait, apalagi dimasa pandemi seperti ini," lanjutnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya menyebut UPZ merupakan ujung tombak dalam pengumpulan zakat dan memiliki peran penting untuk mewujudkan optimalisasi pengelolaan zakat.

"UPZ juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan umat. Oleh karena itu para pengurus UPZ diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya sebagai umat Islam," tambahnya.

Irwan mengatakan zakat bisa menjadi salah satu pendukung dalam upaya pengentasan kemiskinan di daerah itu karena dana yang terhimpun bisa dimanfaatkan untuk berbagai program.

"Dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk UPZ Baznas, niscaya kemiskinan bisa dientaskan di Sumbar," ujarnya.***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar