Penurunan harga bawang merah, tiket pesawat dan daging ayam ras dorong deflasi di Padang pada Juli 2020

id berita padang,berita sumbar,bps

Penurunan harga bawang merah, tiket pesawat dan daging ayam ras dorong deflasi di Padang pada Juli 2020

Pedagang bawang merah di Pasar Raya Padang. (AntaraSumbar/Laila Syafarud)

Pada Juli 2020 Padang mengalami deflasi 0,11 persen dipicu penurunan sejumlah komoditas mulai dari pangan hingga sektor transportasi,
Padang (ANTARA) - Penurunan harga bawang merah, tiket pesawat udara dan daging ayam ras mendorong terjadinya deflasi di Padang pada Juli 2020 berdasarkan catatan yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat.

"Pada Juli 2020 Padang mengalami deflasi 0,11 persen dipicu penurunan sejumlah komoditas mulai dari pangan hingga sektor transportasi," kata Kepala BPS Sumbar, Pitono di Padang, Senin.

Menurut dia selain bawang merah sejumlah komoditas lainnya juga mengalami penurunan pada Juli 2020 yaitu bimbingan belajar, bawang putih, gula pasir, wortel, daun bawang, dan kelapa.

Sebaliknya pada Juli 2020 terdapat sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu emas perhiasan, cabai merah, ikan cakalang, telur ayam ras, ikan tongkol, jengkol, petai, beras dan ketupat.

Pada Juli 2020 dari 24 kota di Sumatera sebanyak lima kota mengalami inflasi dan 19 kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Tanjung Pinang sebesar 0,34 persen dan terendah di Pangkal Pinang 0,06 persen.

Sementara deflasi tertinggi di Pematang Siantar 0,76 persen dan terendah di Gunung Sitoli 0,01 persen.

Padang menduduki urutan ke-16 kota yang mengalami deflasi di Sumatera dan 42 secara nasional.

Deflasi adalah suatu keadaan harga-harga secara umum turun dan nilai uang bertambah.

Sementara inflasi adalah keadaan yang terjadi akibat jumlah uang yang beredar di masyarakat terlalu banyak dan sebaliknya deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar.

Sebelumnya berdasarkan pantauan di Pasar Raya Padang pada 30 Juli 2020 harga bawang merah turun dari Rp32 ribu menjadi Rp30 ribu.

Kepala Seksi Pengawasan dan Stabilisasi Harga Dinas Perdagangan Kota Padang, Irfandi menerangkan penurunan harga bawang merah tersebut disebabkan karena jumlah pasokan bawang mulai meningkat di pasaran.

"Sehingga menyebabkan harga bawang merah mulai turun dari harga sebelumnya," ujarnya.