Lewis Hamilton turun ke jalan ikut aksi damai "Black Lives Matter" di London

id lewis hamilton,formula1,formula one,blacklivesmatter

Lewis Hamilton turun ke jalan ikut aksi damai "Black Lives Matter" di London

Pebalap Formula 1 Lewis Hamilton mengikuti aksi damai "Black Lives Matter" di London, Inggris, Minggu (21/6/2020) (Twitter.com/LewisHamilton)

Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton pada Minggu turun ke jalanan London mengikuti aksi damai "Black Lives Matter" beberapa jam setelah sang juara dunia Formula 1 enam kali itu meluncurkan komisi untuk mempromosikan kesetaraan dan keberagaman di dunia balap.

Hamilton, satu-satunya pebalap berkulit hitam di F1, belakangan ini vokal menyuarakan dukungannya terhadap aksi protes yang dipicu oleh kematian seorang warga berdarah Afrika-Amerika George Floyd yang tewas karena tindak kekerasan polisi Minnesota, Amerika Serikat.

Pada Minggu, Hamilton dengan membawa poster bergabung dengan partisipan lainnya memadati jalanan ibu kota Inggris itu menuju Hyde Park.

Pebalap tim Mercedes itu pun mengunggah fotonya dan menulis pesan di akun Instagram dan Twitternya.

"Hari ini turun ke Hyde Park untuk protes damai dan aku sangat bangga melihat secara pribadi banyak orang dari semua ras dan latar belakang mendukung gerakan ini.

"Ini sangat mengharukan. Aku sangat merasa positif bahwa perubahan akan datang, tapi kita tidak bisa berhenti sekarang. #blacklivesmatter," tulis Hamilton.

Sebelumnya ia telah meluncurkan The Hamilton Commission, suatu kemitraan penelitian yang bertujuan untuk mempromosikan keberagaman di dunia motorsport.

"Aku terbiasa menjadi satu dari sedikit orang (kulit) berwarna di tim, dan lebih dari itu, aku terbiasa dengan ide jika tak akan ada yang bersuara untukku jika aku menghadapi rasisme, karena tak ada yang secara pribadi merasakan atau memahami perasaanku," kata Hamilton.

Komisi yang diluncurkan Hamilton itu, bermitra dengan Royal Academy of Engineering, akan didedikasikan untuk membuat dunia motorsport sebagai wadah untuk lebih melibatkan anak muda kulit hitam dengan sains, teknologi, ilmu teknik dan matematika dan pada akhirnya bisa memperkerjakan mereka sebagai kru tim atau di sektor engineering lainnya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar