Tangkal radikalisme, IAIN Bukittinggi suarakan moderasi beragama

id IAIN Bukitinggi, radikalisme,moderasi beragama

Tangkal radikalisme, IAIN Bukittinggi suarakan moderasi beragama

Webinar dengan tema “Menakar Radikalisme dan Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). (Antara/Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi yang diinisiasi oleh Prodi Magister (S2) Aqidah dan Filsafat Islam kembali menyelenggarakan Webinar dengan tema “Menakar Radikalisme dan Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Acara yang dilaksanakan pada Rabu, 10 Juni 2020 ini menghadirkan narasumber Kasubdit Penelitian dan PkM, Diktis Kemenag RI Dr Suwendy, Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI dan Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Khamami Zada, Ketua Presidium Forum Direktur Pascasarjana/Fordipas PTKIN dan Direktur Pascasarjana UIN Mataram Prof Suprapto, dan Dosen Pascasarjana dan Warek 2 IAIN Bukittinggi Dr. Novi Hendri.

Webinar dimoderatori Kaprodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Bukittinggi Dr. Zulfan Taufik

Dalam sambutannya Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida menyampaikan harapan agar webinar membuka pintu gerbang adanya rumah moderasi beragama di IAIN Bukittinggi.

Karena memang ada orang yang sedikit alergi dengan istilah radikalisme dan moderasi beragama, jangan sampai ketidaktahuan tentang moderasi beragama sudah membuat kita menjauh dan berseberangan dengan ide-ide moderasi beragama," kata dia.

Dekan FUAD IAIN Bukittinggi Dr. Nunu Burhanuddin dalam sambutannya menyatakan kesiapan menjadi garda depan dalam pengarusutamaan ide, gagasan, dan praksis moderasi beragama.

“FUAD juga terbuka dan siap jika nantinya rumah moderasi beragama di IAIN Bukittinggi dipercayakan pengelolaannya kepada kami," tukas Nunu. (*)