Riau geser anggaran, alokasikan Rp80 miliar penanganan pandemi COVID-19

id Pemrov Riau,berita riau,riau terkini,penanganan covid-19,corona,virus corona

Riau geser anggaran, alokasikan Rp80 miliar penanganan pandemi COVID-19

Gubernur Riau Syamsuar (tengah), Wakil Gubernur Edy Nasution, dan Kapolda Riau Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi melakukan video konferensi membahas penanggulangan wabah COVID-19 di Pekanbaru, Senin (23-3-2020). ANTARA/F.B. Anggoro

Kota Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan anggaran sebesar Rp80 miliar guna mendukung upaya percepatan penanganan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di daerah itu.

"Anggaran tersebut telah disiapkan menindaklanjuti arahan pemerintah pusat dengan melakukan pergeseran anggaran di beberapa kegiatan Pemprov Riau," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Senin (23/3).

Menurut dia, besaran alokasi anggaran penanganan virus corona itu berasal dari anggaran yang ada digeser penggunaannya. Kebijakan ini sudah dilaporkan kepada pimpinan DPRD Provinsi Riau.

Ia meminta pemerintah kabupaten/kota se-Riau juga bisa mengalokasikan anggaran yang sama sehingga penanganan COVID-19 di provinsi ini bisa secara bersama.

Selain mengalokasikan anggaran, Syamsuar mengatakan bahwa pihaknya juga meminta masyaraka mematuhi imbauan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Imbauan ini disampaikannya terkait dengan masih adanya aktivitas keramaian, seperti di tempat hiburan dan kafe di wilayah ini, " kata Gubernur.

Oleh karena itu, dia meminta bupati dan wali kota se-Riau segera menertibkan sejumlah tempat yang menjadi pusat keramaian dalam rangka penerapan pengamanan sosial itu.

Tindakan ini, menurut dia, dibutuhkan dalam upaya memutus mata rantai berkembang biaknya COVID-19.

Selain itu, orang tua juga perlu lebih peduli pada anak-anak mereka yang diliburkan dari sekolah jangan sampai bermain di warnet pada siang maupun malam hari. (*)