Jelang Shalat Jumat, Pemkab Solok semprotkan disinfektan di beberapa masjid

id cegah corona,penyemprotan disinfektan,kabupaten solok

Jelang Shalat Jumat, Pemkab Solok semprotkan disinfektan di beberapa masjid

Kapolres Solok menyemprotkan disinfektan di Masjid Agung Al Muhlisin, Koto Baru, Kamis. (ANTARA/HO-Humas Solok)

Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menyemprotkan disinfektan ke beberapa masjid seperti di Masjid Islamic Center Koto Baru dan Masjid Nurul Hidayah Sukarami untuk mencegah virus corona jenis baru atau COVID-19 tersebut.

"Masjid yang kami lakukan penyemprotan yaitu tempat ibadah yang banyak dikunjungi masyarakat," kata Sekda Kabupaten Solok, Aswirman di Koto Baru, Kamis.

Menurutnya, kegiatan ini untuk menyosialisasikan perilaku bersih, yang dimulai dari bersih diri dan lingkungan.

Pihaknya mengimbau agar tidak panik terhadap virus itu, tetapi harus tetap waspada. Apalagi pihaknya bersama tim telah membentuk dan mengunjungi posko utama penanggulangan virus corona di Dinas Kesehatam setempat.

Aswirman juga meminta di setiap Kecamatan dan Puskesmas serta di nagari-nagari untuk bergerak cepat membentuk posko-posko percepatan pencegahan.

Pihak nagari hendaknya mendata tempat ibadah atau keramaian dan kemudian melalui petugas di lapangan dan akan dilakukan penyemprotan ke tempat ibadah atau pusat keramaian tersebut.

Setiap ada kegiatan ataupun informasi hendaknya selalu berkoordinasi dan mengevaluasi, sekaligus disampaikan kepada Bupati Solok Gusmal. Setelah itu baru menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Penyemprotan dilakukan tidak hanya di pilar-pilar masjid dan lantai serta halaman parkir. Tapi juga di mimbar dan tempat imam salat serta tikar-tikar atau karpet masjid.

"Upaya ini dilakukan agar keamanan jamaah yang beribadah tetap terjaga," ujarnya.

Penyemprotan disinfektan dilakukan saat tidak ada aktivitas sholat maupun acara majelis taklim. Penyemprotan disinfektan ini rencananya dilakukan setiap hari. Namun, lokasinya bergantian.

"Kemudian besok juga kami akan lakukan penyemprotan lagi, tapi ke masjid -masjid lainnya," sebutnya.

Untuk batas waktunya belum tahu sampai kapan. Yang terpenting, pihaknya berikhtiar dulu untuk melakukan pencegahan.

Tim percepatan pencegahan virus corona diketuai Sekda Kabupaten Solok Aswirman bersama Kapolres Arosuka AKBP Azhar Nugroho, Kadis Kesehatan Maryeti Marwazi, Kepala BPBD Armen, Kadis Pol PP Damkar Efriadi, dan Kabag Humas Syofiar Syam.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar