Polda Sumbar tangkap 20 pelaku tambang emas ilegal di Sijunjung

id Polda Sumbar,pengungkapan tambang emas ilegal,Sijunjung,berita sumbar,sumbar terkini,berita sijunjung,tambang emas ilegal

Polda Sumbar tangkap 20 pelaku tambang emas ilegal di Sijunjung

20 pelaku tambang emas ilegal yang dibekuk dari dua lokasi di Kabupaten Sijunjung diperlihatkan dalam ekspose kasus di Mapolda Sumatera Barat, Selasa (17/03). (ANTARA/Mario SN)

Padang, (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar menangkap 20 pelaku tambang emas ilegal dari dua lokasi di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat jumpa pers di Padang, Selasa, mengatakan lokasi penambangan terjadi di Jorong Taratak Malintang Kenagarian Limo Koto VII Kabupaten Sijunjung pada Senin (9/3).

Ia mengatakan dari lokasi penangkapan pertama ada sepuluh tersangka dan di lokasi kedua juga ada 10 tersangka yang ditangkap.

Penangkapan tersebut dilakukan setelah tertangkap tangan melakukan kegiatan penambangan emas tanpa izin usaha pertambangan.

Selain itu mereka tidak memiliki izin pertambangan rakyat atau izin pertambangan khusus (IUPK) dengan menggunakan alat berat.

Ia mengatakan di lokasi pertama, pihaknya mengamankan barang bukti berupa dua alat berat dan di lokasi kedua ada satu alat berat.

Menurut dia, dari penyidikan yang dilakukan ada pelaku utama atau pemodal dalam perkara ini berinisial EPI dan Wendi yang saat ini masih dalam pencarian.

Ia mengatakan seluruh pelaku disangkakan pasal 158 UU nomor 4 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara jo pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman kurungan 10 tahun dan denda Rp10 miliar. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar