Satpol PP Sumbar dilibatkan cek suhu tubuh penumpang di bandara

id corona di Sumbar,covid19,pengamanan BIM diperketat

Satpol PP Sumbar dilibatkan cek suhu tubuh penumpang di bandara

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumatera Barat dilibatkan untuk membantu pengecekan suhu tubuh penumpang di Bandara Internasional Minangkabau sebagai langkah antisipasi penyebaran virus coronajenis baru atau COVID-19.

"Sekitar 30-an orang anggota Satpol PP akan diturunkan untuk membantu petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pengecekan atau pendeteksian suhu panas tubuh seluruh penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM)," kata Wakil Gubernur SumbarNasrul Abit di Padang, Minggu.

Seluruh personel yang akan dilibatkan itu dilatih terlebih dahulu oleh KKP dan otoritas Bandara Internasional Minangkabau agar bisa bekerja sesuai prosedur standar (SOP).

“Mereka harus berkoordinasi dengan KKP dan otoritas Bandara, AIR NAV juga. Nanti, akan diatur shiftnya seperti apa,” katanya.

Ia mengatakan tim yang bertugas untuk mengantisipasi dampak penyebaran COVID-19 di BIM akan bertugas mulai dari pukul 04.00 WIB dini hari, hingga pukul 00.00 WIB atau hingga penerbangan atau kedatangan terakhir.

Menurutnya sejumlah langkah yang diambil itu adalah bentuk keseriusan Pemprov Sumbar untuk mengantisipasi dampak penyebaran COVID-19.

Bersamaan dengan itu ia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan mengurangi aktivitas di keramaian.

Sementara itu untuk area Pelabuhan Teluk Bayur, Nasrul Abit menyebutkan pihaknya hingga kini masih memantau perkembangan. Apabila nanti diperlukan, maka alat pendeteksi suhu tubuh dan personel yang bertugas, juga akan disiagakan di pelabuhan itu.

“Kalau Teluk Bayur kamilihat perkembangan dulu. Yang paling penting itu sekarang untuk bandara dulu," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar