46 bintara di Polda Sumbar lolos ikuti pendidikan perwira

id Polda Sumbar

46 bintara di Polda Sumbar lolos ikuti pendidikan perwira

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto (Istimewa)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 46 bintara di lingkungan Polda Sumatera Barat berhasil lolos tes Sekolah Inspektur Polisi (SIP) yang digelar Polda setempat sejak Januari 2020 dan berhak mengikuti pendidikan perwira

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto di Padang, Kamis mengatakan dari 880 personel yang mengikuti tes sejak awal hanya 46 orang yang terpilih, mereka terdiri dari 43 pria dan tiga wanita.

Ia mengatakan tes terkahir sebanyak 356 orang yang terdiri dari 343 pria dan 13 wanita yang tidak terpilih lolos mengikuti pendidikan perwira angkatan ke-49 2020 ini.

Mereka dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan lanjutan untuk mendapatkan pangkat perwira. Dalam pelaksanaan tes dilakukan secara bersih, transparan dan akuntabilitas.

“Pengumuman kelulusan mereka dilakukan melalui sidang kelulusan tingkat daerah seleksi SIP yang dilaksanakan di Mapolda Sumbar pada Rabu malam,” kata dia.

Sebelumnya Kepala Biro SDM Polda Sumatera Barat Kombes Pol Hendra Wirawan menjamin penerimaan personel untuk mengikuti Sekolah Inspektur Kepolisian (SIP) yang diikuti personel berpengkat brigadir untuk menjadi perwira di daerah itu akan dilakukan secara transparan, bersih, akuntabilitas dan humanis.

Ia mengatakan pihaknya mengingatkan kepada seluruh peserta agar menyiapkan diri mereka dengan baik.

Menurut dia untuk peserta memiliki sponsor, bekingan atau yang lainnya agar meninggalkan hal tersebut karena personel yang lulus nantinya adalah yang terbaik berdasarkan hasil tes.

"Kelulusan peserta sangat bergantung pada kualitas mereka dan nilai dari tes yang mereka jalani

Ia mengatakan dalam penerimaan ini seluruh peserta akan bersaing secara ketat dan terbuka

"Setiap rangkaian tes akan berjalan secara bersih dan transparan. Dipastikan tidak ada praktik uang serta peserta titipan," kata dia

Ia mengatakan untuk Sekolah Inspektur Polisi ini diikuti oleh 880 peserta yang terdiri dari 850 personel polisi dan 30 personel polwan.

Sebelumnya Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Rudy Sumardyanto dalam Upacara Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Panitia dan Peserta Seleksi Dikbang mengatakan penandatanganan ini merupakan implementasi visi dan misi ini sejalan dengan arah kebijakan Kapolri yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.

Ia mengatakan Polda Sumbar dalam mewujudkan seleksi ini mengambil tema Bersih, Akuntabel, Transparan dan Humanis (Betah) serta Clear and Clean

Ia mengatakan kepada seluruh personel untuk mengikuti dan mendukung rangkaian seleksi ini dengan baik.

"Saya tekankan untuk tidak memanfaatkan dan mencari kesempatan guna kepentingan pribadi selama proses seleksi," kata dia.

Selain itu kepada seluruh peserta agar mempersiapkan diri untuk memperoleh hasil yang maksimal.

"Tidak ada yang dapat membantu kelulusan saudara melainkan kemampuan sendiri danpercaya kemampuan diri sendiri dan terus berdoa kepada Allah SWT," kata dia.