Berada di supermarket bencana alam, siswa Agam dituntut sigap bencana

id Supermarket Bencana,BPBD Agam,simulasi bencana

Berada di supermarket bencana alam, siswa Agam dituntut sigap bencana

Siswa SDN 03 Sungai Pua, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam berlindung di bawah meja saat simulasi gempa bumi, Kamis (13/2). (ANTARA/HO)

Lubukbasung,   (ANTARA) - Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyosialisasikan dan simulasi bencana gempa bumi bagi siswa SDN 03 Sungai Pua, Kecamatan Palembayan, Kamis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi di Lubukbasung, Kamis, mengatakan sosialisasi dan simulasi yang diikuti 49 siswa dan enam majelis guru untuk mengedukasi mereka agar sigap ketika terjadi gempa bumi.

"Kita memberitahukan jenis bencana alam dan langkah yang dilakukan saat bencana," katanya.

Bila terjadi gempa bumi, tambahnya, siswa yang sedang mengikuti proses belajar mengajar harus mengetahui arah dan jalur evakuasi yang telah disediakan.

Selain itu menyelamatkan diri ke daerah lebih aman dari bangunan dan berlindung di bawah meja.

"Untuk mengurangi korban jiwa dampak bencana gempa bumi tersebut," katanya.

Agam merupakan daerah rawan bencana berupa gempa bumi, tanah longsor, banjir, erupsi gunung merapi, tsunami.Untuk itu BPBD setempat gencar-gencarnya menyosialisasikan dan simulasi bencana bagi siswa, masyarakat dan lainnya.

"Kita rutin mengelar sosialisasi dan simulasi bencana itu," katanya.

Kepala SDN 03 Sungai Pua, Silvia Dewita menyambut baik sosialisasi dan simulasi bencana di sekolah itu.

Atas bimbingan dan arahan dari BPBD Agam, pihaknya akan mencoba mengkaji resiko bencana apa yang ada di sekitar sekolah, dan mencarikan solusinya secara bersama.

"Kita akan merumuskan secara bersama risiko bencana itu," katanya. (*)