Pariaman canangkan penimbangan massal dan pemberian vitamin A

id Hari Gizi,Mardison Mahyudi,Vitamin A,stunting

Pariaman canangkan penimbangan massal dan pemberian vitamin A

Wakil Wali Kota Pariaman, Sumbar Mardison Mahyuddin meneteskan vitamin A kepada balita pada pencanangan penimbangan massal dan pemberian vitamin A di Pariaman, Rabu. (ANTARA/HO)

Pariaman (ANTARA) - Memperingati Hari Gizi ke-60 di Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan Kota Pariaman mencanangkan penimbangan massal dan pemberian vitamin A di Desa Kampung Apa, Kecamatan Pariaman Selatan, Rabu.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada semua undangan yang telah hadir pada acara itu dan dengan semangat membawa anak-anaknya untuk mengikuti timbangan massal dan memberikan Vitamin A demi kesehatan anak tercinta.

"Pada hari ini kita mencanangkan penimbangan massal dan pemberian vitamin A kepada semua balita di Kota Pariaman. Perkembangan kondisi kesehatan gizi balita penting untuk dipantau, salah satunya dengan menimbang balita secara rutin ke Posyandu terdekat. Pemantauan status gizi juga bertujuan mengurangi jumlah anak yang kurang gizi serta mencegah secara dini kematian seorang balita," ungkapnya.

Penimbangan massal dan pemberian vitamin A dilaksanakan bertujuan agar semua anak–anak di Kota Pariaman bisa terbebas dari stunting dan menjadi anak yang sehat, cerdas, berkualitas, dan genius yang akhirnya bisa mendapatkan generasi lebih berkualitas yang akan turut menentukan perbaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di masa yang akan datang.

"Untuk mewujudkan semua itu, salah satu caranya adalah dengan melakukan penimbangan setiap bulannya di Posyandu untuk melihat perkembangan berat badan balita yang dapat dilihat pada KMS masing-masing balita dan pemberian vitamin yang rutin pada jadwal yang ditentukan," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Wakil Presiden pada rapat pleno Bulan November Tahun 2019 lalu bahwa upaya percepatan penurunan prevalensi anak kerdil (stunting) adalah merupakan prioritas pemerintah.

"Berdasarkan rapat pleno tersebut maka kami Dinas Kesehatan mencanangkan penimbagan massal dan pemberian vitamin A. Penimbangan merupakan salah satu upaya yang memantau tumbuh kembang anak sehingga diketahui status gizinya," ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini adalah mencanangkan kegiatan penimbangan massal yang dilaksanakan dua kali setahun yaitu pada Bulan Februari dan Agustus. Dalam penimbangan massal ini dapat diketahui apakah bayi dan balita tumbuh sehat, mengetahui, dan mencegah gangguan pertumbuhan salah satunya stunting, mengetahui balita sakit dan kelengkapan imunisasi dan penyuluhan gizi.

Pencanangan ini ditandai dengan pelepasan balon dan dilanjutkan dengan melihat langsung proses penimbangan massal dan pemberian vitamin A kepada balita.(ril/Dewi)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar