Sumbar jadi penantang tim berkuda DKI Jakarta di kejurnas

id Kejurnas berkuda, equestarian, berkuda

Sumbar jadi penantang tim berkuda DKI Jakarta di kejurnas

Kabid Equestarian Pengprov Pordasi Sumbar Dicky Kamsari (kedua dari kiri) bersama tim berkuda Sumbar. ANTARA/HO/Pordasi Sumbar

Jakarta (ANTARA) - Tim berkuda tuan rumah Sumatera Barat (Sumbar) siap menjadi penantang tim DKI Jakarta sebagai juara bertahan pada Kejurnas Equestarian 2020 yang bakal berlangsung di Padang pada April mendatang.

Harapan Pengurus Provinsi Pordasi Sumbar itu bukan tanpa alasan, karena pada kejuaraan yang sama tahun sebelumnya mampu membuat kejutan dengan berada di posisi tiga di bawah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Tentu saja target meraih juara nasional 2020 ini bukanlah langkah mudah, namun kami yakin dengan usaha keras, dukungan dan komitmen dari seluruh tim Insya Allah target tersebut akan tercapai.” kata Kabid Equestarian Pengprov Pordasi Sumbar Dicky Kamsari dalam keterangan resminya, Jumat.

Guna mengejar target, Dicky menjelaskan jika persiapan terus dilakukan terutama bagi atlet berkuda yang berasal dari Sumbar. Bahkan, sesuai rencana pihaknya akan merekrut dua atlet berkuda nasional dan diharapkan bisa tampil maksimal di Kejurnas Equestarian 2020.

"Kami berencana untuk merekrut dua atlet berkuda nasional, baik untuk kategori dressage maupun jumping. Untuk nama belum bisa kami umumkan saat ini," kata Dicky menambahkan.

Peluang Sumbar untuk menyodok papan atas memang cukup terbuka. Selain akan diperkuat atlet potensial, faktor tuan rumah juga sangat menentukan mengingat cabang olahraga ini sangat familiar dengan masyarakat Ranah Minang.

Meski persiapan tim sudah dilakukan sesuai dengan tahapan, Dicky menjelaskan jika saat ini banyak tantangan lain yang harus dihadapi terutama terkait dengan pelaksanaan Kejurnas Equestarian 2020.

"Dana masih menjadi kendala bagi kami. Saat ini kami terus berusaha mencari sponsor untuk mendukung kejurnas," kata Dicky.

Demi menyukseskan kejurnas, Pengprov Pordasi Sumbar menggandeng TNI Angkatan Udara (AU) yang nantinya akan menyiapkan lahan eks Bandara Tabing Padang untuk lokasi kejurnas maupun perkembangan olahraga berkuda cabang equestrian di Sumbar.

Selain lokasi kejuaraan, kata Dicky, TNI AU juga menyiapkan dua pesawat Hercules yang akan membantu transportasi kuda-kuda ke lokasi pertandingan dengan dua titik penjemputan, yakni Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan Bandara Hussein Sastranegara Bandung, Jawa Barat.

“Nantinya, selain ada Kejurnas Equestrian 2020, juga akan berlangsung kejuaraan kuda pacu yang akan memperebutkan Piala KSAU di hari dan tempat yang sama. Kegiatan ini pun mendapat sambutan baik dari Gubernur Sumbar, Ketua Pengprov Pordasi Sumbar dan pastinya masyarakat pecinta olahraga berkuda Sumbar.” kata Dicky menjelaskan.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar