Insiden tergulingnya mobil tangki Pertamina di Sitinjau, ini penjelasan pengelolanya

id Truk,Tangki,Pertamina, bbm, sitinjau, sumatera barat, padang

Insiden tergulingnya mobil tangki Pertamina di Sitinjau, ini penjelasan pengelolanya

Truk tangki pengangkut BBM premium terguling di Sitinjau Lauik, Padang. (ANTARA/istimewa)

Padang (ANTARA) - Menanggapi unggahan di media sosial mengenai insiden tergulingnya mobil tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina (persero) di daerah Sitinjau Lauik Padang Sumatera Barat, yang dikelola oleh PT. Elnusa Petrofin, pihak pengelola memberi penjelasan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul oleh insiden ini," kata Corporate Communication Head Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo seperti dirilis yang diterima sumbar.antaranews.com, Selasa.

Arsa menjelaskan, terkait peristiwa itu berikut beberapa pointers informasi serta klarifikasi yang dapat disampaikan untuk saat ini ke masyarakat.

Waktu kejadian pada 6 Januari 2020 sekitar pukul 16.25 Wib dengan lokasi kejadian Jl. Raya Sitinjau Lauik Kota Padang Sumatera Barat.

Mobil tangki BBM yang mengalami insiden memiliki Nomor Polisi BA 8146 QO dikelola oleh PT Elnusa Petrofin.

Mobil tangki pengangkut BBM berangkat dari TBBM Teluk Kabung Padang pada pukul 14.47 Wib menuju SPBU PT Tanjung Gadang Sehati yang berjarak 234 KM (pulang pergi).

Kemudian mobil tangki BBM membawa muatan premium sebanyak 16 Kilo Liter (KL) dan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

"Dua Awak Mobil Tangki (AMT) yang bertugas dalam keadaan selamat dan tidak ada yang terluka,"ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan penanganan sisa tumpahan BBM telah selesai dilakukan pada Senin 6 Januari 2020 sekitar pukul 21.00 dengan menggunakan Vacum Truck Pertamina.

Selain itu, proses evakuasi mobil tangki BBM telah selesai dilakukan pada Senin 6 Januari 2020 jam 23.00 dengan bantuan Kepolisian serta Dinas Pemadam Kebakaran setempat.

Ia mengatakan, penyebab insiden tersebut sedang dalam proses investigasi pihak kepolisian setempat.

Pihak Elnusa Petrofin, telah mengirimkan mobil tangki BBM pengganti ke SPBU milik PT Tanjung Gadang Sehati pada Selasa 7 Januari 2019 pukul 08.56 dari TBBM Teluk Kabung Padang Sumatera Barat.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjauhi lokasi terjadinya insiden kecelakaan yang melibatkan mobil tangki BBM agar terhindar dari risiko kebakaran maupun

bahaya lainnya yang mungkin timbul," imbau Arsa.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu Elnusa Petrofin dalam penanganan insiden ini.