Pasaman Barat masyarakatkan gemar makan ikan

id gemar makan ikan,produksi ikan pasaman barat,manfaat makan ikan

Pasaman Barat masyarakatkan gemar makan ikan

Kepala Bidang Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus saat sosialisasikan gemar makan ikan di Sasak, Kecamatan Luhak Nan Duo. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Perikanan terus memasyarakatkan gemar makan ikan sejak usia dini kepada masyarakat.

"Gemar ikan adalah kegiatan mengajak makan ikan dalam upaya peningkatan gizi sejak dini," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus di Simpang Empat, Sabtu.

Menurutnya Pasaman Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi perikanan yang sangat besar.

Saat ini produksi perikanan tangkap Pasaman Barat mencapai 106 ribu ton per tahun dan budidaya 6.000 ton pertahun.

Tetapi tingkat konsumsi ikan masyarakat masih rendah sekitar 33 kilogram perkapita per tahun.

"Sangat jauh bila dibandingkan dengan negara Jepang yang hampir 100 kilogram perkapita per tahun. Efeknya membuat banyak orang Jepang memiliki kecerdasan," ujarnya.

Ia menyebutkan ikan adalah sumber pangan yang memiliki protein tinggi mengandung omega tiga dan omega enam sebagai sumber pertumbuhan, bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan serta perkembangan otak janin

Pihaknya terus menggalakkan gemar makan ikan dengan tujuan kegiatan untuk meningkatkan konsumsi ikan sejak usia dini sehingga mendukung pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas

Manfaat makan ikan untuk mengurangi resiko berbagai penyakit antara lain jantung, alzheimer, kulit, dan kanker serta untuk mencerdaskan anak.

Upaya yang dilakukan Dinas Perikanan dengan melakukan sosialisasi, membuat himbauan melalui baliho dan surat edaran.

Selain itu melaksanakan kegiatan gemar makan ikan di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, SD, SMP dan SMA, melaksanakan lomba diversifikasi masakan berbahan baku ikan, dan memberikan atau mempromosikan olahan ikan di setiap kegiatan-kegiatan pameran.

"Ayo makan ikan cegah stunting, makan ikan supaya sehat dan cerdas," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar