FIK UNP gelar seminar internasional ICOSSHT 2019

id ICOSSHT 2019,UNP,padang,sumbar,berita kampus di padang,berita padang,berita sumbar

FIK UNP gelar seminar internasional ICOSSHT 2019

Panitia pelaksana  The 1 International Confrence On Sport Science, Healt and Toursm (ICOSSHT) 2019. (Antara Sumbar/Agung Pambudi)

Padang, (ANTARA) - Jurusan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Padang (UNP) akan menggelar The 1 International Confrence On Sport Science, Healt and Toursm (ICOSSHT) 2019, di Hotel UNP, 13 sampai 14 November.

Ketua Panitia Pelaksana, Prof Gusri di Padang, Selasa, mengatakan, kegiatan tersebut mengangkat tema "Optimization Sport Sciencs, Healt and Tourism to Achieve Sistainable Development Goals'. ditujukan untuk mendongkrak semangat riset dari dosen guna menaikan posisi Indonesia di posisi level Asian.

"Saat ini posisi sudah berada di posisi kedua, di bawah Singapura. Hanya saja dalam perjalanan menuju posisi pertama di Asia, Indonesia masih terkendala dengan penulisan yang terindeks, dalam hal ini jurnal yang terindeks scopus," katanya.

Ia mengatakan, dalam seminar tersebut akan dibahas pola hidup masyarakat dan kebiasaan malas gerak yang memicu berbagai penyakit.

"Diharapkan memang pada saat menjadikan olah raga bisa tetap aktif di era 4.0 ini. Karena pola hidup masyarakat saat ini pola hidupnya tidak aktif dan cenderung itu akan memunculkan banyak penyakit," katanya.

Dengan gerak makin kurang, maka akan memunculkan kelebihan berat badan yang muaranya akan banyak penyakit muncul, apakah itu jantung, diabetes, kanker, dan penyakit lainnya.

Begitu juga dengan anak-anak yang saat ini juga sedang malas bergerak. Melalui seminar tersebut diharapkan akan dapat solusi agar olah raga ini akan kembali membumi di Indonesia.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh perwakilan lima negara, yaitu Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Oman. Sementara untuk peserta lokal akan diikuti oleh peserta dari Jakarta, Surabaya, Palembang, dan Jambi.

Untuk pemakalah itu ada 122 orang dengan peserta 60 orang, jadi total akan ada 187 ditambah dengan keynote speaker.

Dimana peserta ada dosen, guru penjas, mahasiswa, dan dinas pemuda dan olahraga.

Untuk keynote speaker, Prof Jeong Howon, Direktur Dapartemen Olahraga Rekreasi, Kyungpook National University Korea Selatan, Assoc. Prof Dr Nilmanee Sriboon, Departemen Ilmu Olahraga dan Pengembangan Olahraga Thammasat University Thailand, Assoc. Prof Dr Selina Khoo, University of Malaya, Malaysia, Drg Kartini Rustandi M Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI dari UNP, Prof Gusril M.Pd.

Prof Gusril mengatakan, diharapkan usai konferensi ini peserta dapat menerapkan informasi dan ilmu yang didapat dari konferensi internasional ini. Selain itu bagi masyarakat, dapat ditularkan kepada masyarakat, apakah itu melalui senam, pariwisata, dan rekreasi.

Penanggung Jawab Kegaiatan yang juga Wakil Dekan, Dr. Wilda Welis, Sp M Kes, didampangi Dr Anton Komaini Ssi M Pd, Sekretaris Pelaksana Kegiatan, menambahkan, untuk pendaftaran peserta itu masih akan dibuka hingga hari pelaksanaan nantinya.

"Kami sudah bisa melakukan kerja sama dengan pemuda dan olahraga daerah. Dan itu juga sudah memberikan materi dan pelatihan kepada masyarakat," kata Anton. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar