Ribuan bangkai babi dibuang di danau, polisi selidiki sejumlah peternakan

id Bangkai babi,Bangkai babi di danau siombak,kolera babi,penyakit babi,kematian babi massal

Ribuan bangkai babi dibuang di danau, polisi selidiki sejumlah peternakan

Petugas menyingkirkan bangkai babi di Danau Siombak, Medan. ANTARA/Nur Sitorus

Medan (ANTARA) - Ratusan bangkai babi akibat jangkitan virus hog cholera atau kolera babi berserakan di Danau Siombak, Kecamatan Marelan, Medan, Sumatera Utara.

Menyikapi hal tersebut, polisi menyelidiki sejumlah peternakan di sana.

Kepala Polsek Medan Labuhan, AKP Edy Safari, Senin, mengatakan, mereka berkoordinasi dengan petugas Krimsus Polda Sumatera Utara untuk menindaklanjuti tersangka yang membuang bangkai babi.

Baca juga: Kematian massal babi di Sumut, sudah 5.800 ekor

"Kami masih menyelidiki siapa yang membuang (bangkai-bangkai babi itu) ke sungai. Kami juga menyelidiki peternakan di Tanjung Gusta dan Percut. Ini masuk pencemaran lingkungan hidup, ancaman di atas 10 tahun," katanya, kepada wartawan.

Diberitakan sebelumnya, kasus kematian babi akibat virus Hog Cholera atau kolera babi di Sumatera Utara hingga Senin (11/11) tercatat sebanyak 5.800 babi yang mati.

Sebanyak 11 kabupaten/kota yang terkena wabah virus hog cholera yaitu Kabupaten Dairi, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Deli Serdang, Medan, Kabupaten Karo, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan Kabupaten Samosir.

Baca juga: Jadi korban hipnotis dengan modus menjual taring babi palsu, pria ini tertipu Rp20 juta