Pengendara Bijak Lengkapi Atribut Hadapi Razia Zebra

id operasi zebra padang,polisi padang,polresta padang,polda sumbar,berita padang

Pengendara Bijak Lengkapi Atribut Hadapi Razia Zebra

Aparat kepolisian polresta Padang Sumatera Barat melaksanakan razia surat-surat serta kelengkapan kendaraan (Antara/Agung Reno)

Padang (ANTARA) - Aparat kepolisian polresta Padang Sumatera Barat melaksanakan razia surat-surat serta kelengkapan kendaraan untuk menguji kepatuhan pengendra motor dan mobil.

Semestinya pengendara bijak membawa dokumen dan atribut karena sudah di peringati ada operasi zebra. selama pengamatan petugas sebagian pengendara tidak mempedulikan kelengkapan dan tertib berlalu lintas.

Simpang empat lubuk begalung menjadi titik razia pengendara yang berlaju dari indarung, teluk bayur, air pacah. Zul petugas polisi mengatakan setiap wilayah di indonesia saat ini menggelar razia zebra bagi pengguna motor dan mobil, bahkan juga mobil truk yang membawa barang luar dalam kota, razia dimulai sejak tanggal 23 oktober-5 november 2019.

Pengendara ada yang menangis saat motornya di tangkap oleh petugas polisi karena tidak menggunakan perlengkapan. Saat mengendarai motor, mobil harus lengkap dengan "HLM, STNK, SIM juga memahami rambu-rambu lalu lintas. Bagi pengguna motor umumnya di wajibkan menggunakan Hlm dan ingat akan pajak kendaraan".

Razia zebra bukan menjadikan masyarakat kocar-kacir dalam berkendaraan namun punya tujuan menertibkan lalu lintas, menjaga keamanan, menjaga keselamatan, mengatasi ugalan berkendaraan, juga Mengingatkan masayarakat bahwa ada peraturan berkendaraan yang harus di patuhi.

Fenomena saat razia ada sebagian pengendaraan berusaha untuk kabur dan mencari jalan alternatif hingga tidak ketangkap dikarenakan tidak lengkap. Pengendara yang ketangkap dan tidak lengkap maka bayar denda jika tidak motornya di tahan.

Jalan raya tidak hanya digunakan oleh pengendara motor, dan mobil namun pejalan kaki juga, bagi pengendara harus berlaju pada jalur yang benar agar tertib.

Budayakan tertib berlalu lintas dalam berkendaraan padahal sudah di beri simbol seperti lampu merah, lampu hijau, lampu kuning, di setiap simpang. Tingkat laju yang tinggi dan tergesa-gesa dari pengendara akan mengakibatkan kecelakaan dan kemacetan sehingga saling berbentur.

Saat razia berlangsung kebanyakan yang ketangkap dari kalangan pelajar karena tidak mempunyai SIM, KTP, dalam berkendaraan dan juga tidak mengenakan helm.

Redo pengendara motor berkata dengan adanya razia zebra setiap tahun pengendara menjadi hati-hati dan memperhatikan rambu lalu lintas, berlaju pada jalurnya, membudayakan lengkap saat mengemudi. Razia mengajarkan untuk tertib, juga menjaga keselamatan dalam berkendaraan. Pelajaran berharga karena mengingatkan kita untuk selalu ingat dengan kewajiban melengkapi atribut kendaraan seperti surat- surat dan membayar pajak.

Penulis merupakan mahasiswa magang di portal www.sumbar.antaranews.com

Baca juga: Operasi Zebra Polresta Padang kandangkan tujuh angkot dan tilang 50 sopir

Baca juga: Kronologi pencurian kotak amal Masjid Raya Sumbar

Baca juga: Polisi mulai periksa saksi kasus pungli Biaya Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan