Begini cara mengenali gejala kanker payudara

id berita padang, berita sumbar, kanker payudara,benjolan kanker payudara seperti apa,makanan penyebab kanker payudara,cara mengenali gejala kanker payud

Begini cara mengenali gejala kanker payudara

Spesialis Onkologi Radiasi Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Padang dr Fathya Juwita Hanum, Sp.Onk (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Spesialis Onkologi Radiasi Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Padang dr Fathya Juwita Hanum, Sp.Onk menyampaikan deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan secara mandiri sejak dini sehingga bisa dilakukan pengobatan lebih awal.

"Para remaja putri dan ibu-ibu bisa melakukan deteksi dini kanker payudara pada hari ketujuh saat haid dengan melakukan pengamatan langsung," kata dia di Padang, Minggu pada kegiatan Padang Pink Walk dalam rangka peringatan bulan kanker payudara.

Menurut dia saat melakukan pengamatan tersebut dapat diketahui apakah ada perbedaan ukuran antara payudara kanan dengan kiri atau ada benjolan.

"Apabila ada perubahan kondisi payudara maka bisa dilanjutkan dengan menelusuri seluruh kuadran payudara baik kanan atau pun kiri, jika ada benjolan lakukan identifikasi seberapa besar ukuran, bisa bergerak, atau tidak," ujarnya.

Kemudian juga periksa area ketiak dan cekungan di atas tulang leher apakah ada benjolan atau tidak.

Ia menyampaikan jika ada benjolan bisa dilanjutkan dengan memeriksakan diri ke klinik atau puskesmas.

Selain itu jika di area kulit payudara terdapat pori-pori membesar seperti kulit jeruk maka itu juga merupakan salah satu tanda yang harus segera diperiksa.

Tidak hanya itu jika ada cairan yang merembes kendati tidak sedang menyusui maka segera lakukan pemeriksaan medis ke klinik atau dokter, ujarnya.

Akan tetapi ketika ada benjolan di payudara tidak perlu takut sebab bisa saja jinak, bisa diangkat , diterapi dan sembuh, lanjutnya.

Ia menambahkan ketika kanker payudara identik dengan perempuan akan tetapi dari 100 orang yang terkena satu orang diantaranya adalah pria.

Fathya menyampaikan hingga saat ini kanker payudara merupakan kanker pembunuh nomor satu dari seluruh kanker yang diderita perempuan.

Kepada perempuan yang sudah berusia di atas 40 tahun ia menyarankan melakukan pemeriksaan mamografi secara rutin sekali setahun sebagai upaya dekteksi dini.

Menurutnya jika kanker payudara dapat dideteksi sejak dini maka bisa langsung diobati, namun jika ditemukan sudah pada stadium lanjut maka pengobatannya tidak bisa optimal.