NasDem Agam terima pendaftaran enam bakal calon bupati

id Pilkada serentak 2020,Pilkada Agam,Partai NasDem,Berita Agam,Sumbar terkini

NasDem Agam terima pendaftaran enam bakal calon bupati

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Agam, Ais Bakri. (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerima pendaftaran enam bakal calon bupati setempat periode 2021-2016 untuk Pilkada 2020.

"Keenam bakal calon bupati itu medaftar setelah NasDem setempat membuka pendaftaran bakal calon bupati dan pendaftaran itu berlangsung dari 23 September sampai 23 Oktober 2019," kata Ketua DPD NasDem Agam, Ais Bakri di Lubukbasung, Sabtu.

Keenam bakal calon yang mendaftar itu, yakni Taslim Chaniago mantan anggota DPR-RI, Feri Adrianto anggota DPRD Agam, Dafrion mantan Wali Nagari Ampang Gadang Kecamatan Ampekangkek.

Selain itu, Helmon mantan anggota DPRD Agam, Murdani mantan anggota DPRD Sumbar dan Marga Indra Putra wakil ketua DPRD Agam.

"Kita menerapkan politik tanpa mahar kepada bakal calon itu," katanya.

Setelah pendaftaran ditutup, tambahnya, dilanjutkan pemaparan visi, misi dan startegi bakal calon pada 24-31 Oktober 2019.

Setelah itu, DPD NasDem Agam akan mengirimkan nama tersebut ke DPP NasDem dan DPP NasDem akan melakukan survei untuk melihat popularitas dari bakal calon tersebut.

"DPP NasDem menggunakan enam lembaga survei," kata anggota DPRD Agam dua periode itu.

Ia menambahkan, NasDem setempat hanya memperoleh dua kursi di DPRD setempat pada Pemilu 2019.

Untuk bisa mengusung bakal calon pada Pilkada harus memiliki sembilan kursi. Namun NasDem telah melakukan koalisi dengan Partai Demokrat di DPRD setempat.

"Kalau digabungkan kita sudah memiliki sembilan kursi, karena Demokrat memiliki tujuh kursi di DPRD," katanya.

Dengan vigur calon yang mendaftar itu, pihaknya optimis calon yang diusung Nasdem akan memenangkan Pilkada.