Wapres JK mendapat penghormatan dari TNI AU

id Wapres Jusuf Kalla,JK,F16,TNI AU,sukhoi,berita sumbar

Wapres JK mendapat penghormatan dari TNI AU

Pesawat Kepresidenan RI BBJ, yang ditumpangi Wakil Presiden Jusuf Kalla, mendapat penghormatan water salute di Landasan Udara Adi Sutjipto Yogyakarta, Kamis (10/10/2019). (Biro Pers Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Udara memberi penghormatan menjelang berakhirnya masa jabatan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden periode 2014-2019 dengan mengawal penerbangan rombongan Wapres menggunakan pesawat F-16 dari Landasan Udara Adi Sutjipto Yogyakarta menuju Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis.

Wapres JK, Kamis pagi, menuju Yogyakarta untuk memberikan Kuliah Kebangsaan di Universitas Aisyiyah dan kembali ke Jakarta pada Kamis siang. Sebelum lepas landas menuju Jakarta, Komandan Lanud Pangkalan Adi Sutjipto Marsekal Pertama Bob Henry Panggabean memimpin upacara pelepasan dengan water salute.

Saat Pesawat Kepresidenan RI BBJ, yang ditumpangi Wapres JK beserta rombongan lepas landas di Lanud Adi Sutjipto; kendaraan pemadam kebakaran menyemprotkan air dari kedua sisi pesawat hingga membentuk lengkungan di atas pesawat, demikian keterangan pers dari Asdep Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Setwapres yang diterima di Jakarta, Kamis.

Setelah itu, selama penerbangan dari Yogyakarta menuju Jakarta, dua pesawat tempur milik TNI AU berjenis F-16 mengawal Pesawat Kepresidenan BBJ yang ditumpangi Wapres JK.

Sebelumnya, pada saat kunjungan kerja dari Makassar ke Palu, Minggu (6/10), JK juga mendapat penghormatan water salute dari Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Haris Haryanto.

Berdasarkan catatan Antara, penerbangan Wapres JK juga pernah dikawal empat Sukhoi pada 8 Juni 2015 ketika Wapres usai melakukan kunjungan kerja dari Sulawesi Selatan. Empat pesawat sukhoi tersebut sempat bermanuver di udara ketika mengawal penerbangan Wapres JK menuju Jakarta.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan pesawat tempur jenis F16 yang mengawal penerbangan Pesawat Kepresidenan BBJ dari Lanud Adi Sutjipto Yoyakarta menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (10/10/2019). (Biro Pers Setwapres)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar