Korut tembakkan rudal padahal baru umumkan pembicaraan dengan AS

id Penembakan proyektil,Korut,Yoshihide Suga,rudal korut,berita internasional

Korut tembakkan rudal padahal baru umumkan pembicaraan dengan AS

Ilustrasi - Hwasong-12, rudal jarak menengah milik Korea Utara (Reuters)

Seoul, (ANTARA) - Korea Utara menembakkan lagi setidaknya satu proyektil pada Rabu, menurut pejabat militer Korea Selatan dan Jepang, sehari setelah Korea Utara mengumumkan bersedia menggelar pembicaraan tingkat kerja dengan Amerika Serikat akhir pekan ini.

Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) mengatakan Korut meluncurkan proyektil rahasia pada Rabu pagi dari sekitar Wonsan, di tenggara Provinsi Kangwon.

Penjaga Patroli Jepang melalui pernyataan menyatakan Korut meluncurkan seperti sebuah rudal dan meminta agar kapal-kapal memperhatikan informasi lebih lanjut dan tidak mendekati puing-puing apapun.

Namun juru bicara pemerintah yang sekaligus Ketua Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, mengatakan sepertinya dua rudal diluncurkan masing-masing dalam hitungan menit dan rudal pertama jatuh di perairan Zona Ekonomi Ekslusif Jepang.

Rudal pertama jatuh pada pukul 7:27 waktu setempat, kata Suga.

Aksi terbaru itu merupakan peluncuran kesembilan Korut sejak Presiden Amerika Serikat , Donald Trump, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, bertemu di Zona Demiliterisasi dengan penjagaan ketat yang memisahkan dua Korea pada Juni.

Peluncuran terjadi sehari setelah Pyongyang mengumumkan pihaknya sepakat dengan Amerika Serikat untuk menggelar pembicaraan pada Sabtu, progres yang dapat berpotensi memecahkan kebuntuan selama berbulan-bulan. (*)