Dua hektare lahan perkebunan di Agam dibakar warga, ini awalnya

id kebakaran lahan,kebakaran lahan di agam,bpbd agam,berita agam,agam terkini,berita agam terkini

Dua hektare lahan perkebunan di Agam dibakar warga, ini awalnya

Kondisi lahan yang terbakar di Bukit Jorong Angge, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Kamis (19/9). (Dok BPBD Agam)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Dua hektare lahan perkebunan di Bukit, Jorong Angge, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dibakar warga dengan inisial IZ (59) pada Rabu (18/9) sekitar pukul 14.30 WIB.

"Seluruh lahan hangus terbakar dan IZ telah diperiksa oleh Kapolsek Palupuh," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Wahyu Bestari di Lubukbasung, Kamis.

Ia menerangkan, kasus kebakaran lahan itu bermula saat IZ dan kawan-kawan menebang kayu di lahan milik Ferdinal (40) warga Bukit Batabuah, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam.

Kemudian kayu yang telah ditebang dikumpulkan dan kemudian dibakar IZ sehingga api menjalar membakar tanaman seluas dua hektare.

"Api dengan mudah menjalar ke lokasi lain, karena kayu di sekitar lokasi sangat kering," katanya.

Ia mengatakan api bisa dipadamkan Satgas BPBD, Satpol PP Damkar, Polres Bukittinggi dan masyarakat setempat pada Rabu (18/9) sekitar pukul 17.30 WIB.

Dengan kejadian itu, pihaknya mengimbau warga agar tidak membakar rumput dan kayu di lahan perkebunan, agar tidak menjalar ke daerah lain.

Selain itu tidak membakar limbah rumah tangga, daun dan lainnya agar tidak menambah pencemaran lingkungan.

"Imbauan itu telah kita sampaikan ke warga beberapa minggu lalu mengingat cuaca panas melanda daerah itu," katanya.

Selama 2019, tambahnya, sekitar 27 hektare lahan terbakar di Agam selama Januari sampai 19 September 2019.

Lahan seluas 27 hektare itu berasal dari 17 kasus kebakaran. (*)