Sekolah Dasar di Lubukbasung ini budidaya ikan lele untuk tambahan gaji tenaga honorer

id budidaya ikan lele,agam,sumbar,SDN 09 Agam

Sekolah Dasar di Lubukbasung ini budidaya ikan lele untuk tambahan gaji tenaga honorer

Guru dan siswa SDN 09 Balai Satu Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, sedang memanen ikan lele, Jumat (23/8). (Antara Sumbar/ Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Sekolah Dasar Negeri 09 Balai Satu Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat sukses membudidayakan ikan lele di pekarangan sekolah mereka, dan melakukan panen perdananya pada Jumat.

"Panen perdana itu dilakukan bersama majelis guru, siswa dan masyarakat sekitar bahkan juga dihadiri ketua komite sekolah. Alhamdulillah budidaya ikan lele berhasil dengan hasil panen 100 kilogram," kata Kepala SDN 09 Balai Satu Manggopoh, Tursina di Lubukbasung, Jumat.

Ia mengatakan, budidaya ikan lele di selokan depan sekolah ini dengan panjang 50 meter dan lebar 60 centimeter, dan ini merupakan tahap uji coba.

Hasil penjualan ikan leleini akan digunakan untuk membeli bibit dan kebutuhan sekolah lainnya. Sementara ke depan hasil panen akan digunakan untuk kebutuhan sekolah seperti membayar honor tambahan bagi guru, dan penjaga sekolah yang masih honorer.

"Hanya ini yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga honorer di sekolah," katanya.

Ia menambahkan, budidaya ikan lele itu berawal dari selokan di depan sekolah yang tidak termanfaatkan.

Sementara sumber air cukup banyak, sehingga muncul keinginannya untuk melakukan budidaya ikan lele di lokasi itu.

"Awalnya ini dasar kita untuk membudidaya ikan lele agar selokan bisa dimanfaatkan, dan selokan menjadi bersih. Bibit dan pakan ikan berasal dari swadaya majelis guru," katanya.

Ketua Komite SDN 09 Balai Satu Manggopoh, Ari Setiawan menambahkan budidaya ikan ini akan dikembangkan, dan Komite sangat mendukung terobosan tersebut.

"Kita akan mendukung program ini dalam kemajuan sekolah," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar