45 Anggota DPRD Agam dilantik

id Legislator agam,Pemilu,DPRD

Ketua PN Lubukbasung Indrawan melantik 45 anggota DPRD Agam. (Ist)

Lubuk Basung (ANTARA) - Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat, masa bakti 2019-2024 dilantik dan diambil sumpah atau janji dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD kabupaten itu, Selasa.

Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Agam masa bakti 2019-2024 tersebut dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Lubukbasung, Indrawan.

Selain pengambilan sumpah/janji anggota DPRD masa bakti 2019-2024, rapat paripurna yang dihadiri Bupati Agam Indra Catro, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satroa dan anggota Forkompimda juga diisi dengan peresmian pemberhentian anggota DPRD Agam masa bakti 2014-2019.

Usai peresmian anggota DPRD Agam masa bakti 2019-2024, Sekretaris DPRD Agam Indra mengumumkan pimpinan sementara DPRD Agam.

"Sesuai peraturan perundangan dalam hal pimpinan DPRD kabupaten/kota belum terbentuk, DPRD kabupaten/kota dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD dan pimpinan sementara DPRD kabupaten/kota terdiri atas satu orang ketua dan satu wakil ketua yang berasal dari dua parpol yang memperoleh kursi terbanyak 1 dan 2," katanya.
Ketua DPRD Kabupaten Agam yang lama, Marga Indra Putra menyerahkan palu ke Ketua sementara Novi Irwan. (Ist)
Berdasarkan ketentuan tersebut, kata dia, Ketua Sementara DPRD Agam dijabat oleh Novi Irwan dari Gerindra, sedangkan Wakil Ketua Sementara DPRD Agam dijabat Suharman dari PKS.

Menurut dia, pimpinan sementara DPRD bertugas memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD, dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

Pelaksanaan tugas pimpinan sementara DPRD tersebut akan berakhir pada saat pimpinan DPRD definitif mengucapkan sumpah atau janji dalam paripurna secara definitif sebagai ketua dan wakil ketua.

Ia menambahkan, penunjukkan pimpinan itu berdasarkan Pasal 165 ayat 1, ayat 2 dan ayat 3 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
Ketua PN Lubukbasung, Indrawan memasangkan pin DPRD ke salah seorang anggota. (Ist)
Selain itu Surat Keputusan KPU Agam Nomor: 214/HK.03.1-KPTS/1306/KPU-KAB/VIII/2019 tanggal 13 Agustus 2019 tentang Penetapan Perolehan Suara dan Kursi Partai Politik serta Calon Terpilih Anggota DPRD Agam dalamPemilihan Umum 2019.

Surat Keputusan KPU Agam Nomor: 215/HK.03.1-KPTS/1306/KPU-KAB/VIII/2019 tanggal 13 Agustus 2019 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Agam dalam Pemilu 2019. Surat Keputusan Gubernur Sumbar No : 171-610-2019 tertanggal 15 Agustus 2019 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Agam.

Selain itu, surat dari DPC Partai Gerindra Nomor: 123/SR/P-Gerindra/VIII/2019 tanggal 18 Agustus 2019 perihal Rekomendasi Ketua Sementara DPRD Agam Periode 2019-2024 dan surat dari DPC PKS Nomor:025/K/SK/AC06-PKS/VIII/2019 tanggal 16 Agustus 2019 perihal Penyampaian Nama Wakil Ketua Sementara DPRD Agam Periode 2019-2024.
Penandatangan berita acara. (Ist)
"Ini dasar Novi Irwan dan Suharman menjabat ketua dan wakil ketua sementara," katanya.

Ketua DPRD Agam sementara, Novi Irwan mengatakan penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD merupakan prioritas utama sebagai ketua sementara.

"Kita menargetkan penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD selesai dalam waktu dekat," katanya.

Pihaknya siap mendukung semua program pemerintah di bidang infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia dan lainnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria,Kerua PN Lubukbasung Indrawan, Ketua DPRD Agam lama Marga Indra Putra, wakil ketua dprd agam Suharman. (Ist)
Bupati Agam Indra Catri mengatakan anggota DPRD yang baru dilantik berusia muda dan enerjik yang akan memberikan dampak baik pada DPRD ke depan.

"Mereka sangat kompak dan akan berdampak baik pada kerjasama dengan pemerintah dalam membangun daerah," katanya.

Ke 45 anggota DPRD yang dilantik itu dari Partai Gerindra atas nama Nesi Armita, Armalicon, Novi Irwan, Edwar, Zulhefi, Rinal Wahyudi, Erdinal, Zulhendrif dan Almahadi Arif.

Sedangkan dari PKS atas nama Asnidar, Rizki Abdillah Fadhal, Safrudin, Suharman, Guswardi, Asrizal dan Suhermi. Partai Demokrat atas nama Marga Indra Putra, Jondra Marjaya, Syafril, Doddi, Aderia, Feri Adrianto dan Syaharuddin.

Sementara dari PAN atas nama Antonis, Zulpardi, Hendrizal, Syaflin, Salman Linover dan Irfan Amran. Dari Partai Golkar atas nama Joni Putra, AR Yutinof, Fairismen, Arman J Piliang dan Zulfahmi.

Selain itu dari PPP atas nama Gema Saputra, Yopi Eka Anroni, Ridwan Suhaili, Irfawaldi, Mardisal Athan. Dari Partai Nasdem atas nama Mardanis dan Ais Bakri. Dari PBB atas nama Noveri Edios dan Bulqaini, Dari Partai Bekarya atas nama Syafrizal dan dari Partai Hanura atas nama Epi Suardi. (*)

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar