Muhammad Guntara, anggota DPRD Pasaman Barat termuda periode 2019-2024

id DPRD Pasaman Barat,Legislator Termuda

Muhammad Guntara (25) dari Partai Nasdem dilantik menjadi anggota DPRD Pasaman Barat termuda periode 2019-2024, Senin (19/8). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Muhammad Guntara menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) termuda di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) periode 2019-2024.

Di umur 25 tahun, Muhammad Guntara berhasil terpilih melalui Pemilihan Umum Legislatif pada April lalu dan dilantik bersama 39 orang anggota DPRD lainnya di Gedung DPRD pada Senin (19/8).

"Saya akan mencoba amanah dengan jabatan diusia muda ini. Tentu dengan tekad dan kemauan belajar akan menjadi modal bagi saya kedepannya," katanya usai dilantik menjadi anggota DPRD, Senin.

Menurutnya terjun kedunia politik memang hal yang baru baginya. Apalagi langsung mencalonkan diri jadi anggota DPRD.

"Dunia politik sebelumnya sudah saya pelajari juga di bangku pendidikan. Namun, dunia politik teori dengan kenyataan berbeda. Ini tantangan bagi saya," sebut Ketua KNPI Pasaman Barat ini.

Sebagai seorang anak muda dan ketua KNPI termuda se-Indonesia, ia merasa tertantang untuk maji di legislatif.

"Berbagai prestasi yang diperoleh di organisasi tidak terlepas dari dukungan saudara dan kedua orang tuanya. Mudah-mudahan berkah dan amanah," ujarnya.

Ia menyebutkan keluarga baginya merupakan harta yang paling berharga. Apa yang diperoleh hari ini merupakan dukungan dari orang tua, saudara dan keluarga besar.

Majunya Muhammad Guntara sebagai Calon Legislatif Dapil 4 Partai Nasdem bukan keinginan dari dirinya. Tetapi banyaknya dukungan dan dorongan yang harus membuatnya harus mencalon baik dari kalangan tokoh masyarakat maupun pemuda dan aktivis.

"Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada semua tokoh masyarakat, pemuda dan aktivis yang telah memilih saya sebagai wakil mereka di parlemen," sebutnya.

Gugun panggilannya sehari-hari menghabiskan waktu senggang dengan olahraga dan traveling.

Sebagai anak muda dia harus menyalurkan hobinya sehingga hal negatif tidak menghinggapi pikiran. Gugunpun sudah Ujian Profesi Advokat tahun 2017.

Segi pendidikan, ia menamatkan Sekolah Dasar di Pasaman Baru, Simpang Empat tahun 2006, SMP 1 Pasaman tahun 2009, SMA N 1 Pasaman tahun 2012, UMSU Medan Fakultas Hukum tahun 2016 dan Magister Hukum Universitas Andalas tahun 2017 sampai sekarang.

Secara organisasi, ia pernah menjadi Ketua ranting Pemuda Pancasila Medan Denai, Ketua PAC M.Timur, Ketua DPD KNPI Pasaman Barat 2017sampai sekarang. Kemudian menjadi uda favorite Pasaman Barat tahun 2016, uda intelegsia Pasaman Barat 2016 dan telah menjalani ujian profesi Advokat 2017.

"Mohom dukungan semua pihak agar amanah ini bisa saya emban dengan baik. Saya ingin menjadi perpanjangan tangan rakyat di DPRD agar kehidupan masyarakat dapat terbantu," harapnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar