UNP dorong mahasiswa berjiwa entrepreneurship

id UNP, entrepreneurship

Wakil Rektor I UNP, Prof Yunia Wardi memberikan sambutan saat pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UNP. (ANTARA SUMBAR/Agung Pambudi)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) mendorong para mahasiswa untuk menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan atau entrepreneurship setelah lulus kuliah maupun saat masih mengenyam pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor I UNP Prof. Yunia Wardi pada saat pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi di Auditorium UNP, Senin.

"Menyikapi fenomena kedepan dan orientasi mahasiswa kebanyakan yang kuliah untuk bekerja ini harus dirubah, kami mendorong mahasiswa bagaimana menciptakan lapangan kerja setelah lulus," katanya.

Salah satu cara mendorong mahasiswa berjiwa kewirausahaan yakni pihaknya mengadakan kurikulum entrepreneurship, sehingga setiap mahasiswa mendapatkan mata kuliah entrepreneurship di masing-masing program studi (Prodi).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk entrepreneurship dimasukan dalam mata kuliah umum, bisa di semester satu atau semester dua dan pelaksanaannya tingkat universitas.

"Harapannya adalah mahasiswa itu ahli dibidang ilmunya dapat bekerja dan dapat memberikan pekerjaan bagi orang lain," sebutnya.

PKKMB 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi diikuti sebanyak 3.115 mahasiswa baru program S1 dan D4, dengan rincian dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 575 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berjumlah 435 orang, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) berjumlah 417 orang.

Selanjutnya Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 406, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 398 orang, Fakultas Tenik (FT) berjumlah 326 orang, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) berjumlah 291 orang, dan Fakultas Ekonomi (FE) berjumlah 267 orang.

Ketua Panitia yang juga wakil rektor III, Prof. Ardipal mengatakan PKKMB ini merupakan gelombang ketiga yang dilaksanakan selama empat hari. Gelombang pertama yaitu PKKMB jalur SNMPTN diikuti sebanyak 2.279 orang telah dilaksanakan pada 27 Juni hingga 29 Juli 2019.

PKKMB jalur SBMPTN diikuti sebanyak 2966 orang dilaksanakan pada tanggal 23 juli 26 juli 2019. Selanjutnya akan dilaksanakan PKKMB jalur D3 pada Agustus 2019 yang akan diikuti 1.200 mahasiswa

"Banyak materi dan nilai-nilai karakter yang kami tanamkan dalam kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik," katanya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar