Aqua Danone gandeng PKBI Sumbar laksanakan WASH di Batang Barus

id CSR Aqua Danone,PKBI Sumbar,Program WASH

Foto bersama masyarakat usai sosialisasi PHBS dan International learning event di Nagari Batang Barus, Selasa. ( (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok (ANTARA) - Program Coorporation Social Responsibility (CSR) Aqua Danone Pabrik Solok bekerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumatera Barat dalam melaksanakan Water Access, Sanitation and Hygiene (WASH) atau peningkatan akses air bersih di Nagari Batang Barus, Selasa.

"Program ini sebagai perwujudan dari komitmen untuk berkontribusi pada kelestarian lingkungam dan pemberdayaan masyarakat," kata Humas Aqua Azrai di Arosuka, Rabu.

Salah satu program Aqua dengan PKBI Sumbar yaitu program air bersih dan sanitasi di Nagari Batang Barus sejak 2013 seperti pembangunan sarana air bersih di Dusun Kelok Batuang (2014), di Dusun Tabek pada 2015 dan fasilitas jamban keluarga di Dusun V Kayu Aro (2016).

Selain itu, fasilitas jamban keluarga di Andaleh Dusun IV Kayu Jao pada 2017 dan di Dusun Rawan Jariang pada 2018.

Pada 2019, program CSR masih melanjutkan bantuan air bersih di Dusun Rawan Jariang.

Sebelumnya, pembangunan sarana air bersih di Dusun Kelok Batuang di Jorong Lubuk Selasih juga mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat. Sebab mereka harus melewati lembah sekitar 500 meter untuk mendapatkan air bersih dengan membawa ember.

Puluhan hingga ratusan warga bergotong royong setiap minggunya membangun intake, melakukan penggalian dan pemasangan jaringan pipa hingga terbentuk Kelompok Pengelola Sumber Air Bersih (KPSAB).

Selanjutnya, pembangunan sarana air bersih di Dusun Rawang Jariang juga diharapkan dapat dikelola masyarakat dan dirasakan manfaatnya.

Kegiatan di Rawang Jariang sedikit berbeda dengan di Dusun Kelok Batuang, berupa pemberdayaan seperti penyadaran perilaku hidup bersih dan sehat melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Azrai menyebutkan beberapa kegiatan diantaranya, menyadarkan masyarakat dengan diskusi berkala tentang isu sanitasi dan dampaknya, pelatihan PHAST dan CHAST dan praktek pemberdayaan yang partisipasif dalam membangun kesadaran bersama pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kerja sama PKBI Sumbar dengan Aqua ini memberikan pengaruh positif bagi perusahaan, pemerintah daerah, nagari maupun masyarakat.

Diantaranya alokasi anggaran pendapatan dan belanja Desa (APBDes) untuk pengadaan akses jamban dan pemberdayaan perilaku hidup sehat dan bersih bagi masyarakat miskin dan untuk sarana air bersih.

"Selain itu adanya surat pemberitahuan nagari ke masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar