Pasukan Firaun buktikan kepantasan di Grup A Piala Afrika

id timnas mesir,timnas uganda,timnas rd kongo,piala afrika,timnas zimbabwe,mohamed salah

Para pendukung tim nasional Mesir membawa poster pemain bintang Mohamed Salah yang separuhnya digambarkan sebagai Firaun jelang laga pamungkas penyisihan Grup A melawan Uganda di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Minggu (30/6/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Khaled Desouki)

Jakarta, (ANTARA) - Tuan rumah Mesir jelas menjadi salah satu unggulan, jika tak bisa disebut sebagai favorit utama, putaran final Piala Afrika 2019.

Pasukan Firaun membuktikan kepantasan menyandang label itu dengan membukukan catatan sempurna kemenangan dalam tiga laga penyisihan Grup A sebagai bekal kuat menyongsong fase gugur.

Setelah memastikan kelolosan berkat mengalahkan Zimbabwe 1-0 dan Republik Demokratik Kongo 2-0 di dua pertandingan pertama, penampilan fase grup Mesir disempurnakan lewat kemenangan 2-0 atas Uganda dalam laga pamungkas di Stadion Internasional Kairo, Senin dini hari WIB.

Tiga kemenangan itu juga dibukukan dengan menjaga rekor kesucian gawang Mesir dalam seluruh pertandingan fase grup.

Dan sang bintang, Mohamed Salah, yang baru saja menjuarai Liga Champions bersama Liverpool, perlahan memperlihatkan kemungkina DNA juara tertular ke Mesir.

Salah kembali mencetak gol saat mengalahkan Uganda, dengan tendangan bebasnya yang tepat sasaran dan membuat kiper lawan mati langkah.

Sementara itu, Uganda tetap lolos ke babak 16 besar mendampingi Mesir sebagai runner-up Grup A dengan raihan empat poin. Satu kemenangan 2-0 atas Republik Demokratik Kongo di laga pertama dan satu hasil imbang kontra Zimbabwe memastikan langkah mereka.

Ironisnya, harapan Zimbabwe yang sempat melambung usai menahan imbang Uganda dihempaskan ke muka bumi oleh Kongo di laga pamungkas. Catatan empat gol yang melesak ke gawang Zimbabwe tak mampu dibalas oleh The Warriors.

Zimbabwe berakhir sebagai juru kunci klasemen gagal memperbaiki catatan mereka yang selalu terhenti di fase grup dalam tiga penampilan sebelumnya di putaran final Piala Afrika.

Kongo yang sempat terjepit karena menelan kekalahan di dua laga awal, kini memelihara peluang tipis untuk bisa lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Modal mereka tak besar hanya tiga poin dan selisih gol impas, namun jika hasil di grup lain memihak Kawanan Leopard itu akan melaju.

Sementara Kongo masih menunggu nasib mereka ditentukan hasil grup-grup lain, Mesir juga menanti lawan mereka di babak 16 besar yakni salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup C, D atau E.

Sedangkan Uganda bakal berhadapan dengan runner-up Grup C yang berisikan Aljazair, Senegal, Kenya dan Tanzania.

Hasil pertandingan penyisihan Grup A (dalam WIB):

Sabtu (22/6) Mesir 1 - Zimbabwe 0 (Trezeguet 41')

Sabtu (22/6) Uganda 2 - RD Kongo 0 (Patrick Kaddu 14', Emmanuel Okwi 48')

Kamis (27/6) Uganda 1 - Zimbabwe 1 (Emmanuel Okwi 12'; Khama Billiat 40')

Kamis (27/6) Mesir 2 - RD Kongo 0 (Ahmed El Mohamady 25', Mohamed Salah 43')

Senin (1/7) Uganda 0 - Mesir 2 (Mohamed Salah 36', Ahmed El Mohamady 45+1')

Senin (1/7) Zimbabwe 0 - RD Kongo 4 (Jonathan Bolingi 4', Cedric Bakambu 34', p-65', Britt Assombalonga 78')

Klasemen Grup A
Tim M M I K Gol P
1 Mesir 3 3 0 0 5-0 9
2 Uganda 3 1 1 1 3-3 4
3 Kongo 3 1 0 2 4-4 3
4 Zimbabwe 3 0 1 2 1-6 1
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar