Bupati pastikan objek wisata di Pesisir Selatan bebas pungutan liar

id Pesisir Selatan

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Pesisir Selatan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni memastikan seluruh objek wisata di daerah setempat bebas dari pungutan liar sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan.

"Saya bertekad memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan dengan memastikan kawasan wisata bebas dari pungutan liar," kata Hendrajoni di Painan, Minggu.

Hal tersebut dilakukan dengan menyiagakan personel Satpol PP di beberapa lokasi strategis yang bersinergi dengan personel dari Dinas Perhubungan hingga jajaran Dinas Pariwisata dan instansi terkait lainnya.

Kendati demikian karena objek wisata di daerah setempat menyebar di 15 kecamatan ia juga mendorong agar wisatawan aktif melapor jika menemukan atau menjadi korban praktik pungutan liar

"Laporan akan segera kami respon secepatnya sebagai bentuk pelayanan terbaik kepada wisatawan," sebutnya.

Hal tersebut katanya dibuktikan dengan penindakan langsung terhadap pelaku pungli di Kelok Indah, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Sabtu (8/6) sore.

"Laporan praktik pungli langsung ke saya dan saya segera perintahkan Kepala Dinas Satpol PP untuk melakukan penindakan ke lokasi. Alhasil si pelaku diamankan dan dilakukan pembinaan," sebutnya.

Ia mengungkapkan sebagai daerah kunjungan wisatawan, masyarakat setempat sudah mulai membiasakan diri menjadi tuan rumah yang baik. Hanya saja diantara mereka masih terdapat oknum masyarakat yang mencari keuntungan sesaat.

"Oknum tersebut hanya sebagian kecil dari masyarakat kami, dan ini merupakan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan," katanya lagi.

Pesisir Selatan merupakan satu dari 19 kabupaten / kota di Sumatera Barat, di daerah ini terdapat objek wisata bahari yang memukau mulai dari KWBT Mandeh yang memiliki pulau-pulau indah berpasir putih, perairan tenang dan lainnya.

Berikutnya ada Pantai Carocok Painan yang memiliki panorama yang tidak kalah indah, di lokasi selain bisa menikmati keindahan pulau, bermain air laut juga terdapat berbagai wahana permainan air seperti banana boat, speed boat dan lain sebagainya.

Di lokasi wisatawan juga bisa mengekplorasi sisa-sisa kemegahan benteng Portugis di pulau Cingkuak dan tidak jarang banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai latar berfoto bersama atau berswafoto.

Selanjutnya juga ada Pantai Pasir Putih Kambang, Pantai Sumedang, Pantai Tan Sridano, Penangkaran Penyu Ampiang Parak dan lain sebagainya, setiap tahunnya terutama pada libur lebaran seluruh objek wisata di Pesisir Selatan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar