Ini jalur alternatif Padang Panjang-Bukittinggi

id Jalan Padang-Bukittinggi,Jalur Alternatif,Kemacetan Jalan Padang-Bukittinggi,Polres Padang Panjang

Ini jalur alternatif Padang Panjang-Bukittinggi

Ilustrasi - (ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra/12)

Padang Panjang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyiapkan satu jalur alternatif yang akan digunakan jika terjadi kepadatan jalan Padang-Bukittinggi di Pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar.

"Kendaraan akan diarahkan ke jalur alternatif jika kondisi di sekitar pasar sudah terlalu padat dan arus kendaraan terhambat," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang Iptu B Mendrofa di Padang Panjang, Rabu.

Jalur alternatif untuk menghindari Pasar Koto Baru yakni melewati Simpang Pandai Sikek dan keluar di Simpang Haji Miskin dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer.

Jalan di jalur tersebut tergolong kecil sehingga akan kesulitan jika ada kendaraan berselisih jalan.

Sebagai langkah antisipasi, Polres Padang Panjang membuka jalur alternatif hanya untuk dilalui kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi sementara kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Padang tetap melewati Pasar Koto Baru.

"Jalur alternatif digunakan hanya jika arus di Pasar Koto Baru sudah terhambat. Jika jalan alternatif digunakan nanti arus di Pasar Koto Baru hanya searah dari Bukittinggi menuju Padang," katanya.

Selain jalur alternatif, pihaknya juga memasang "road barier" di sisi jalan di pasar tersebut agar aktivitas jual beli dan bongkar muat barang dagangan tidak sampai masuk ke badan jalan dan mengganggu arus lalu lintas.

"Di Pasar Koto Baru juga ada satu unit pos pengamanan yang kami sediakan. Petugas akan siaga di titik rawan macet ini membantu mengatur lalu lintas," ujarnya.

Baca juga: Ini jalur alternatif Padang Panjang-Bukittinggi

Baca juga: Titik rawan macet dan bencana di Padang Panjang berada di jalur utama

Baca juga: Peningkatan arus lalu lintas di Padang Panjang diperkirakan mulai 2 Juni