Bawang putih tembus Rp60 ribu per kilogram

id Bawang Putih,Harga Bawang Putih

(ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI)

Painan,  (ANTARA) - Pejabat Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyebutkan harga bawang putih di daerah setempat Rp60 ribu per kilogram.

"Hari ini dan kemarin harga bawang putih sudah Rp60 ribu per kilogram, jika stoknya masih terbatas berkemungkinan harga ini akan terus naik," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Hendro di Painan, Jumat.

Ia menambahkan harga bawang putih mulai naik sejak pertengahan maret 2019 dan secara terus menerus mengalami kenaikan.

Harga normal bawang putih, imbuhnya hanya Rp20.000 per kilogram namun semenjak pertengahan maret naik menjadi Rp24.000 per kilogram.

Berikutnya, akhir maret menjadi Rp28 ribu per kilogram, awal april Rp32 ribu per kilogram dan terus naik hingga akhir april menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Ia mengungkapkan secara keseluruhan bawang putih yang diperdagangkan di daerah itu merupakan bawang putih impor sehingga agak sulit mengantisipasi kelangkaannya.

"Perkembangan harga saat ini terus kami laporkan ke instansi terkait di provinsi dengan maksud ada langkah cepat untuk mengantisipasinya karena jika berlarut-larut akan berdampak ke harga kebutuhan lain," katanya lagi.

Sementara, lanjutnya harga kebutuhan lain tidak banyak berubah dan cenderung stabil sejak beberapa pekan terakhir mulai dari beras pada kisaran Rp12 sampai Rp16 ribu per kilogram tergantung jenisnya.

Berikutnya, gula pasir Rp12,5 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp10 ribu per kilogram dan yang kemasan Rp14 ribu per kilogram, daging sapi Rp130 ribu per kilogram.

Seterusnya, daging ayam boiler Rp30 ribu per kilogram, ayam kampung Rp40 ribu per kilogram, telur ayam Rp27 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp30 ribu per kilogram, bawang merah Rp30 ribu per kilogram dan lainnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar