Dinkes Dharmasraya beri pelayanan kesehatan selama proses rekapitulasi

id Rekapitulasi Suara,KPU Dharmasraya,Dinkes Kesehatan

Dinkes Dharmasraya beri pelayanan kesehatan selama proses rekapitulasi

Kepala Dinkes Dharmasraya, Rahmadian. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, Sumbar (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), membuka layanan pemeriksaan kesehatan selama proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan di daerah itu.

"Langkah ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama proses rekapitulasi berlangsung, sama diketahui petugas pemilu bekerja dari pagi sampai pagi," kata Kepala Dinkes Dharmasraya, Rahmadian di Pulau Kunjung, Kamis.

Ia menambahkan layanan pemeriksaan kesehatan merupakan tindaklanjut edaran Kementerian Kesehatan bahwa disebutkan kewajiban penyediaan tim kesehatan untuk memberi pelayanan pada petugas PPK yang kini masih bertugas.

Selain petugas PPK, tim juga memeriksa kesehatan seluruh anggota keamanan TNI, Polri dan petugas keamanan selama proses penghitungan suara, kata dia.

"Di setiap kecamatan ditempatkan tiga petugas kesehatan, kami memberikan layanan kesehatan gratis," ucapnya.

Pemeriksaan sendiri, katanya, mulai dari cek tensi, suhu badan, mata hingga ke cek menyeluruh bila ada kejanggalan. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Kami tangani lebih dini, kalau ada yang kurang sehat kami kasih obat dan kasih rujukan. Disuruh istirahat supaya badan tidak sampai 'drop'," ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Dharmasraya, Maradis menilai keberadaan layanan pemeriksaan kesehatan membantu petugas untuk mengetahui kondisi kesehatan selama proses rekapitulasi suara berlangsung.

"Alhamdulillah tidak ada petugas kita yang jatuh sakit sampai hari ini," imbuhnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya menargetkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di 11 kecamatan di daerah itu selesai Jumat (26/4).

"Sampai siang ini sudah delapan dari 11 kecamatan yang telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan," kata Koordinator Devisi Teknis Dan Penyelenggara KPU Dharmasraya, Adriadi.

Sementara rekapitulasi dua kecamatan di antaranya Kecamatan Koto Baru dan Kecamatan Pulau Punjung ditargetkan selesai besok. Sedangkan Kecamatan Timpeh sore ini sudah selesai.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar