PLN Sumbar berhasil capaian bandera emas, raih SMK3

id PLN

PLN Sumbar berhasil capaian bandera emas, raih SMK3

Petugas PLN tengah mengecek genset berkapasitas 250 KVA yang disiagakan untuk memasok listrik ke Kantor KPU Kota Jambi bila terjadi kendala pasokan listrik selama proses tahapan Pemilu 2019. (Syarif Abdullah)

Padang (ANTARA) - PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Dengan poin 88,52 persen UIW Sumbar berhasil memperoleh capaian Bendera Emas pada Kategori Transisi.

Penghargaan tersebut diterima oleh Pejabat Pengendali K3 UIWSB Almedi, Senin 22 April 2019 dalam acara Penyerahan Penghargaan K3 yang digelar di Jakarta.

Selain Kantor Induk, penghargaan SMK3 Bendera Emas ini juga akan disampaikan kepada unit-unit yang berada di wilayah kerja PLN UIW Sumbar antara lain UP3 Padang, UP3 Bukittinggi, UP3 Solok, UP3 Payakumbuh dan UP2D Sumbar.

General Manager UIW Sumbar Bambang Dwiyanto sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih ini.

Ia juga berharap, penghargaan ini akan lebih memotivasi unit yang lain untuk terus dapat berprestasi.

"Dengan diberikannya penghargaan ini kami berharap dapat meningkatkan motivasi seluruh pegawai untuk terus menjaga dan meningkatkan ketertiban pelaksanaan K3 demi terwujudnya lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi siapa saja yang berada di lingkungan kerja PLN UIWSB” tambahnya.

Pemberian Penghargaan di bidang K3 ini merupakan program rutin tahunan yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, untuk mendukung upaya sosialisasi K3 di tingkat Nasional.

Pada tahun ini, sebanyak 1.466 perusahaan diundang untuk menghadiri acara Penyerahan Penghargaan K3 tersebut.

Selaras dengan hal tersebut, Manajemen Representative Sumbar IMS Adelaila Saadah mengatakan bahwa penerapan SMK3 di PLN UIWSB sendiri dimulai dengan tahap Set-Up di tahun 2018 bersamaan dengan Pelaksanaan Set Up Dokumen Sumbar Integrateda Manajemen System(IMS) atau Sistem Manajemen Terintegrasi (SMT).

https://youtu.be/2vQIRjOgg-4

Dokumen SMT tersebut sudah mengintegrasikan SNI ISO 9001-2015 dan SMK3 dimulai dari Nopember 2018 dan mendapatkan Sertifikat SNI ISO 9001-2015 dan SMK3 sekaligus Sertifikat SMT dari PLN Pusertif yang telah dilakukan audit eksternal dari pihak auditor independen di bulan Februari 2019.

Dengan telah diserahkannya sertifikat SMK3 (22 Maret 2019) dan sertifikat SNI ISO 9001-2015 (08 Maret 2019) maka PLN Unit Induk Wilayah Sumbar juga berhak mendapatkan sertifikat SMT.

Pada 22 Maret 2019 dari PLN Pusertif yang telah dilakukan audit eksternal dari pihak auditor independen di Februari 2019.

Untuk mendukung proses bisnis yang lebih baik serta penerapan keselamatan kerja di seluruh unit, management PLN UIW Sumbar berkomitmen untuk menjalankan Sistem manajemen yang terpadu, seperti Sistem Mutu (ISO) dan Keselamatan dan Kesehatan kerja (SMK3).

Dengan demikian diharapkan output pelayanan terhadap para pelanggan PLN UIW SUMBAR akan terus mengalami peningkatan.* Lihat ini ya...https://youtu.be/2fZsKiho-Qk