Usakti Sudahi Perlawanan UNJ 2-0

id Usakti Sudahi Perlawanan UNJ 2-0

Jakarta, (Antara) - Tim putra Universitas Trisakti memperkokoh posisi puncak dalam klasemen Liga Hoki Jakarta setelah menyudahi perlawanan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2-0 di lapangan hoki Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu.

Laga ini menjadi pertandingan yang cukup penting karena Usakti dan UNJ merupakan dua tim teratas di klasemen sementara Liga Hoki Jakarta 2013. Usakti yang merupakan juara bertahan mendapat perlawanan sengit dari para pemain UNJ.

Sejak awal babak pertama, Nyayan Sofyan dan kawan-kawan dari Usakti bermain cukup percaya diri dan langsung menekan UNJ yang juga diperkuat tiga pemain peserta seleksi nasional Pelatnas untuk SEA Games 2013 Myanmar.

Usakti yang sudah terbiasa bermain di nomor "field" tampak mendominasi jalannya pertandingan. Serangan-serangan yang dibangun gelandang Nyayan, Dwi, dan Herald Monang beberapa kali merepotkan pertahanan UNJ yang dikawal bek andalan Dadan Ramadan.

Dimulai dari serangan apik yang dibangun Usakti di menit ke-15, terjadi kemelut di depan gawang Dea Permana. Nyayan berhasil memanfaatkan kemelut itu dan mencetak gol pertama untuk Usakti.

Pada babak kedua, UNJ dengan motor serangan Anas Wahyudi terus berusaha mengejar ketertinggalan. Para pemain Usakti mulai kehilangan dominasinya dan terus terkepung oleh serangan UNJ.

Namun dari serangan balik yang cepat, Usakti malah dapat memperbesar keunggulan melalui Herald Monang di lima menit sebelum usai.

"Kami tidak terbiasa bermain 'field' karena lebih sering bermain 'indoor', tidak seperti Usakti yang selalu latihan 'field'. Maka dari fisik kami terkuras, dan tidak dapat memberikan perlawanan kuat," kata pelatih UNJ Ariandi Gusmana setelah laga usai.

Gusmana juga menyebut kerja sama para pemain sangat lemah sehingga tim tidak dapat menemukan permainan terbaik mereka. Pemain andalan di lini pertahanan UNJ Dadan Ramadan menyebut timnya belum dapat berdaptasi dengan baik untuk bermain di "field".

Dadan mengatakan kerja sama pemain menjadi poin penting untuk diperbaiki menghadapi laga selanjutnya.

Sementara itu, Pelatih Usakti Hijri Hajnasti menyebut kemenangan ini berkat kerja sama para pemain yang padu dan evaluasi dari pertandingan, serta latihan sebelumnya. Dia melihat peran gelandang Nyayan Sofyan dalam mengantar tim untuk menemukan ritme permainan terbaik mereka dan mampu terus bertahan unggul.

"Di menit-menit akhir saya sengaja pasang bertahan, untuk mengakali bagusnya fisik UNJ. Saya biarkan mereka menggempur tapi pertahanan tetap padu," kata Hijri.

Dengan hasil ini, Usakti semakin meninggalkan UNJ dengan selisih lima poin, dengan membukukan empat kali kemenangan dan satu kali seri. UNJ harus duduk di peringkat dua dengan poin delapan setelah dua kali menang dan dua kali seri.

Pada pertandingan lain, klub 98 HC bermain imbang 0-0 melawan Universitas Pancasila untuk laga divisi satu. Sedangkan Tim putri ISCI membungkam Universitas Indonesia 5-0. Selanjutnya kedua klub akan ditantang tim kuat ISCI di dua laga terakhir.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Federasi Hoki Indonesia DKI Jakarta Armunanto mengatakan Liga Hoki Jakarta musim 2013 yang melibatkan 16 tim putra dan tujuh tim putri diikuti peserta yang berasal dari Universitas-universitas maupun klub. Pembukaan liga ini dilakukan pada Desember 2012, namun kompetisinya dimulai pada Januari 2013 dan diproyeksikan berlangsung hingga pertengahan Juni, kata dia.

Klub-klub itu adalah untuk Divisi Utama, Usakti, ISCI, STEI, Alumni HC, UNJ, Sipo 80, Sysnazyet, Rawamangun. Di Divisi Satu, PH UI, LSPR, 16 HC, Usakti B, Nusantara, 98 HC, Bunda Hati Kudus dan UPHC. Untuk putri dengan satu divisi adalah LSPR, ISCI, UNJ, Usakti, PHHUI, LSPR B dan 16 HC.

"Pemenang dari liga ini akan mendapat tiket utama untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional maupun internasional," ujarnya. (*/sun)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar