Gempa 6,9 SR guncang Banggai, warga berlarian ke gunung

id gempa sulteng,BMKG,gempa guncang banggai

Gempa 6,9 SR guncang Banggai, warga berlarian ke gunung

Suasana jalan raya Kota Luwuk yang dipenuhi kendaraan warga yang mengungsi ke gunung, Jumat (12/4) malam. (Antaranews Sulteng/Pian)

Palu (ANTARA) - Gempa bumi dengan magnitudo 6,9 Skala Richter mengguncang wilayah Banggai dan Banggai Kepulauan, Jumat malam, menyebabkan ribuan warga berlarian ke tempat-tempat tinggi atau gunung karena laporan BMKG menyebutkan bahwa gempa itu berpotensi tsunami.

"Kami sudah ada di lereng gunung ini bersama ratusan warga lainnya," kata Pian, seorang warga Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang dihubungi melalui telepon.

Sementara Amelia, warga kota setempat lainnya mengaku sedang menyimpan barang-barangnya di dalam rumah untuk selanjutnya mengungsi.

"Kami siap-siap ke gunung Om, karena ada laporan, air laut di pantai sudah surut," ujar ibu satu anak yang juga pendeta tersebut.

Laporan BMKG menyebutkan bahwa telah terjadi gempa bumi bermagnitudo 6,9 Skala Richter pada pukul 18:40:49 dengan pusat gempa 85 kilometer barat daya Banggai Kepulauan dengan kedalaman 10 kilometer dan berpotensi gempa.

Baca juga: Getaran gempa di Banggai Kepulauan terasa hingga Gorontalo

Baca juga: Gempa magnitudo 6,9 guncang Banggai Kepulauan Sulteng, BMKG keluarkan peringatan dini tsunami