KPU Padang temukan 20 ribu surat suara rusak, dikembalikan ke percetakan

id M Sawati

KPU Padang temukan 20 ribu surat suara rusak, dikembalikan ke percetakan

Ketua KPU Padang M Sawati. (Antara Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan sekitar 20 ribu surat suara di daerah tersebut rusak sehingga dikembalikan kepada percetakan.

Ketua KPU Padang M Sawati di Padang, Jumat mengatakan seluruh kertas suara yang rusak telah dikirim ke percetakan dan pihaknya berharap mereka dapat segera mengirim surat suara pengganti.

"Kita telah berkoordinasi dengan pusat dan menunggu pengiriman pengganti surat suara yang rusak dan surat suara daftar pemilih tambahan," kata dia.

Menurut dia untuk surat suara yang rusak didominasi oleh surat suara DPRD Kota Padang. Ia mengatakan kerusakan yang ditemui di surat suara yang rusak seperti tinta yang menutupi nama dan nomor caleg di kertas tersebut.

Selain itu kerusakan seperti robek dan lainnya, seluruhnya telah dipisahakan dan dikirim. Kemudian ia juga tengah menunggu surat suara tambahan sekitar sembilan ribu surat suara.

"Kami berharap seluruhnya datang lebih cepat agar segera dilipat dan siap digunakan pada 17 April mendatang," katanya.

Sebelumnya KPU Padang telah menerima lima jenis surat suara yaitu surat suara untuk presiden dan wakil presiden sebanyak 604.006 lembar kemudian surat suara DPD RI juga sebanyak 604.006 lembar terdiri dari 604.500 surat suara DPRD Provinsi Sumbar yang terletak di dalam 1.209 kardus.

Kemudian surat suara DPRD Kota Padang sebanyak 604.007 surat suara yang terletak di dalam 1.211 kardus. Untuk dapil 1 Kecamatan Koto Tangah sebanyak 128.605 surat suara, sementara dapil 2 yang meliputi Kecamatan Pauh dan Kuranji sebanyak 138.705 surat suara.

Setelah itu untuk dapil 3 Kota Padang yakni Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Lubuk Kilangan dan Lubuk Begalung 132.032 surat suara.

Kemudian dapil 4 yang meliputi Kecamatan Padang Timur dan Padang Selatan sebanyak 91.775 surat dan dapil 5 yaitu Kecamatan Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo sebanyak 112.890 surat suara.

Kemudian surat suara pemilihan ulang DPRD Kota Padang sebanyak 5.000 surat suara dalam 10 kardus dan 604.006 surat suara untuk DPR RI dalam 1.209 kardus.(*)