Sandiaga sebut potensi PDB pariwisata bisa 30 persen

id Sandiaga Uno,Sandiaga Uno di Bukittinggi,Potensi Pariwisata,Pilpres 2019

Dialog pelaku usaha pariwisata bersama Sandiaga Uno di Rumah Pohon Inyiak, Ngarai Sianok, Bukittinggi. (Antara Sumbar/ Ira Febrianti)

Bukittinggi (ANTARA) - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut potensi sektor pariwisata mampu menyumbang produk domestik bruto (PDB) mencapai 30 persen.

"Ada potensinya dan angka ini yang kami kejar jika dipercaya memimpin selama lima tahun ke depan," katanya ketika berdialog dengan pelaku usaha pariwisata di objek wisata Rumah Pohon Inyiak di Bukittinggi, Rabu.

Ia mengatakan, pariwisata termasuk salah satu bidang yang menjadi fokus pembenahan bersama calon presiden nomor urut 02, Prabowo.

Pihaknya bercita-cita bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan sektor pariwisata menurutnya dapat dijadikan sebagai solusinya jika ditata dengan baik.

"Di bidang ini, kita berdayakan para lulusan SMK. Mereka betul-betul dilatih agar mampu terjun langsung mengelola pariwisata, jadi bukan pihak luar yang kelola," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengapresiasi Rumah Pohon Inyiak yang telah ditetapkan sebagai objek wisata ramah anak.

Objek wisata itu juga menghadirkan wisata alam karena berlokasi di lembah Ngarai Sianok dan wisata religi karena keberadaan surau lama yang menggelar aktivitas rutin keagamaan setiap Senin.

Rumah Pohon Inyiak, menurutnya sudah melakukan langkah pembenahan wisata dan promosi yang baik karena tidak jarang dirinya menemukan ungguhan objek-objek di Rumah Pohon Inyiak di akun media sosial miliknya.

"Posisinya sudah strategis di Ngarai Sianok, dekat pusat kota dan berhawa sejuk. Kami berharap pengelola bisa pertahankan pelayanan yang baik, makin berkembang tentu terbuka lapangan kerja dan usaha pendukung," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar