Narasi.tv ajak generasi muda Padang jadi pemilih cerdas

id narasi.tv, politik,pemilih pemula

Narasi.tv ajak generasi muda Padang jadi pemilih cerdas

Penyanyi Glenn Fredly dan Tompi menghibur ribuan generasi muda Kota Padang dalam kegiatan yang digelar Narasi,tv di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Jumat (1/3) malam. (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Narasi.tv mengajak generasi muda Kota Padang, Sumatera Barat menjadi pemilih yang cerdas dalam pemilu presiden dan pemilu legislatif pada 17 April 2019 melalui diskusi yang dipandu oleh dua penyanyi yakni Glenn Fredly dan Tompi yang digelar di Universitas Negeri Padang (UNP)

Glenn Fredly di Padang, Jumat mengatakan pihaknya mencoba uuntuk mengajak pemilih pemula untuk mengenali dan menelusuri rekam jejak para peserta pemilu baik pasangan presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif baik di tingkat DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi maupun DPRD kota atau kabupaten.

Ia mengatakan anak muda harus ikut berpartisipasi dalam pemilu agar aspirasi yang mereka inginkan dapat terwakili. Pemilu dekat dengan pemuda karena orang yang mereka pilih nantinya dapat memberikan dampak langsung kepada mereka.

Sementara Tompi mengatakan banyak hal yang diinginkan pemuda dan ini dapat disalurkan melalui wakil yang mereka pilih dalam pemilu nantinya seperti internet dengan kecepatan tinggi, uang kuliah yang lebih murah atau akses lebih gampang terhadap industri kreatif.

“Jika mereka memiliki wakil di parlemen maupun di pemerintahan tentu hal ini dapat mereka akses dengan baik,” kata dia.

Narasi.tv menggelar diskusi yang dimoderatori oleh dua penyanyi yakni Glenn Fredly dan Tompi di Auditorium Universitas Negeri Padang, Jumat malam. Mereka berdua mewawancarai sejumlah narasumber mulai Tim KTN Jokowi-Ma’ruf Wanda Hamidah, tim BPN Parabowo-Sandi Miftah Sabri, Niken Widiastuti dan Igor Saykoji di hadapan ribuan generasi muda kota tersebut.

Narasi Roadshow Padang juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan penampilan yang digelar selama dua hari. Narasi Roadshow adalah kegiatan rutin Narasi.tv yang telah digelar di tujuh kota yakni Universitas Pattimura Ambon, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Negeri Makassar, Alun-Alun Blambangan Kota Banyuwangi, Playfest di Tennis Indoor Senayan Jakarta dan Universitas Airlangga Surabaya.

Narasi.tv adalah perusahaan media dengan sejumlah kanal seperti Mata Najwa, Tompi & Glenn, Duo Budjang, Shihab & Shihab, Buka Mata, Buka Data, Narasi People, Mata Mata, dan banyak lagi.

Pada momen Pemilu 2019, Narasi.tv mengusung gerakan sosial digital bernama tagar suara penentu (#SuaraPenentu) yang berlangsung dari bulan Februari hingga April. Gerakan itu dilakukan karena anak muda merupakan penentu arah demokrasi Indonesia ke depan dalam Pemilu 2019.

Ada sekitar 85, 4 juta pemilih berusia 17 hingga 36 tahun atau 44,6 persen dari jumlah pemilih tetap. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kekuatan di balik setiap suara yang disampaikan, baik dalam bentuk pendapat, unggahan di media sosial, tindakan maupun karya, khususnya suara yang datang dari anak muda Indonesia.

Selain itu sepanjang 2019, Narasi.TV melakukan kampanye besar tagar makanya ngobrol (#MakanyaNgobrol). Kampanye ini bertujuan untuk mengajak semua orang untuk membiasakan diri berdiskusi dan ngobrol satu sama lain dan tidak memelihara prasangka, menebar kebencian, serta tidak mudah termakan berita hoaks.

Narasi.tv juga mengajak semua orang untuk bijak menggunakan media sosial dan ambil bagian membagikan konten atau cerita baik. (*)