Biro Humas Se- Sumbar Sepakat Hadirkan Dewan Pers

id Rakor kehumasan

Biro Humas Se- Sumbar Sepakat Hadirkan Dewan Pers

Humas se-Sumbar saat mengadakan rapat koordinasi kehumasan di Simpang Empat, Pasaman Barat, Kamis (28/2).

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Biro kehumasan se- Sumatera Barat (Sumbar) sepakat segera menghadirkan Dewan Pers terkait penentuan kerja sama dengan media yang benar-benar terverifikasi.

"Penentuan media untuk kerja sama selalu menjadi masalah selama ini. Kami sepakat untuk mendengarkan masukan Dewan Pers nantinya," Kepala Sub Bagian Media Biro Humas Pemprov Sumbar, Budi Arif usai melaksanakan Rapat Koordinasi kehumasan Se-Sumbar di Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis.

Ia mengatakan untuk penentuan pola kerja sama di seluruh humas kabupaten/kota selalu terkendala dalam menentukan media mana yang layak dan tidak layak.

"Dewan pers tentu memiliki data mana media yang benar-benar layak dan resmi. Sebab, saat ini banyak media baru bermunculan terutama media online," ujarnya.

Untuk itu, semua Biro Humas saat rapat koordinasi itu sepakat akan menghadirkan Dewan Pers pada rapat koordinasi selanjutnya.

"Selain itu juga akan menghadirkan Badan Pemeriksa Keuangan terkait pola kerja sama yang akan dilaksanakan sesuai aturan yang ada," ujarnya.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi pelaksanaan rapat koordinasi kehumasan yang diadakan di Pasaman Barat pada Kamis (28/2).

"Rapat koordinasi biro humas ini perdana kita adakan di daerah dan Pasaman Barat sebagai tuan rumah. Sambutan Pemkab Pasaman Barat sangat baik selayaknya rapat koordinasi kepala daerah. Terima kasih atas sambutannya dan mudah-mudahan kedepannya humas se-Sumbar dapat bekerja lebih baik lagi," harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto didampingi Kepala Bagian Humas, Yosmar Difia mengatakan penyelenggaraan pemerintahan saat ini mengarah kepada prinsip good governance.

"Tugas pemerintah daerah untuk membangun good governance dituntut untuk mulai mengembangkan dimensi keterbukaan, mudah diakses, bertanggung jawab dan transparan," katanya.

Ia mengharapkan seluruh pimpinan kehumasan setiap Kabupaten/kota yang ada di Sumbar dapat saling berbagi strategi maupun trik khusus yang telah dilaksanakan di daerah masing-masing demi menjalankan fungsi kehumasan yang lebih baik.

"Apalagi dalam menghadapi tahun-tahun politik saat ini. Diharapkan bagian Humas bisa memberikan pengawasan terhadap informasi terkait dengan Pemerintah Daerah," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas, Yosmar Difia menambahkan rapat koordinasi kehumasan yang diadakan bertujuan agar setiap bagian humas kabupaten/kota ota bisa sharing informasi terkait dengan kinerja humas.

"Rakor ini bertujuan bukan hanya untuk sekedar berbagi informasi sesama humas saja, namun kita juga ingin mencari solusi dari persoalan -persoalan yang dihadapi oleh humas selama ini," ujarnya.