Simpanan anggota Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh meningkat

id koperasi,balai,kota,payakumbuh

Simpanan anggota Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh meningkat

Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Simpanan anggota Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh pada 2018 mencapai Rp3, 01 miliar, meningkat dibanding pada 2017 sekitar Rp2,7 miliar.

“Kalau ditotalkan, ada peningkatakan simpanan anggota sebesar Rp 242,1 juta dibandingkan 2017,” kata Ketua Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh Indra Sofyan, Jumat.

Total simpanan anggota koperasi selama 2018 itu terdiri dari simpanan pokok sebesar Rp7,9 juta, simpanan wajib wajib sebesar Rp2,4 miliar, simpanan sukarela Rp96,4 juta, simpanan khusus Rp223,1 juta dan simpanan lebaran sebesar Rp205 juta.

Sementara untuk pinjaman Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh selama 2018 telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp2,21 miliar kepada 87 anggota dengan nilai pinjaman yang berbeda-beda.

Dari total pinjaman itu mendatangkan pemasukan bagi Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh sebesar Rp629 juta yang bersumber dari jasa pinjaman, administrasi pinjaman dan asuransi pinjaman.

“Koperasi Pegawai Balaikota tidak hanya bergerak pada simpan pinjam saja melainkan ada pada bidang usaha, keuangan serta sosial,” ujarnya.

Bidang usaha koperasi Pegawai Balaikota terdiri dari unit usaha Warung Serba Ada (Waserda), unit usaha sewa kantin serta foto copy dan unit usaha pertokoan.

"Selama 2018, Waserda di Balaikota Payakumbuh itu mampu memberikan pemasukan sebesar Rp 43,6 juta," kata dia.

Waserda yang memanfaatkan salah satu ruangan di Balaikota Bukik Sibaluik itu, menyediakan berbagai kebutuhan harian anggota.

"Termasuk penyaluran kredit barang elektronik, furniture dan pulsa elektronik," ujarnya. (*)