Toyota perkenalkan New Avanza dan New Veloz di Sumbar

id toyota

Toyota perkenalkan New Avanza dan New Veloz di Sumbar

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Sri Agung Handayani (kanan), Operation Manager Auto 2000 Area Sumatera Judianto, Kepala Cabang Auto 2000 Khatib Sulaiman Nur Imansyah Tara, Kepala Cabang Auto 2000 By Pass Cevano dan Kepala Cabang Intercom, Tjen Immanuel bersama mobil keluaran baru Toyota New Veloz saat peluncuran di Hotel Pangeran Beach, Jumat (18/1). (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan dua varian baru dari generasi Avanza yaitu New Avanza dan New Veloz kepada masyarakat Sumatera Barat, kedua mobil tersebut tetap mempertahankan DNA Toyota Avanza yang awal diperkenalkan kepada masyarakat sejak 2003.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Sri Agung Handayani di Padang, Jumat mengatakan kedua mobil ini mengambil tema berbeda yakni “Part of Indonesia Greatness” untuk New Avanza dan “Passion For Progress” untuk New Veloz.

Ia mengatakan kehadiran dua mobil ini diharapkan dapat mengikuti generasi sebelumnya yang dapat mencatatkan penjualan lebih dari 1,7 juta unit.

"Sepanjang 15 tahun hadirnya Avanza, kami bersyukur dapat menjadi produk yang mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. Avanza ini juga mendapatkan MURI untuk capaian penjualan ‎satu juta unit tercepat di segmen Low MPV," kata

Sri Agung mengatakan pihaknya sengaja datang ke Kota Padang khusus untuk peluncuran dua varian baru ini karena capaian penjualan produk Toyota di Sumbar di atas nasional.

"Untuk market share nasional pada 2018 lalu pada penjualan Toyota mencapai 30,1 persen dengan total penjualan 357 ribu unit, sementara untuk Sumbar sendiri mencapai 35,5 persen," ujar Sri Agung.

|a mengatakan untuk New Avanza, banyak mengalami perubahan baik itu dari segi mesin maupun dari segi eksterior dan interiornya. Pada Avanza terdapat beberapa fitur canggih seperti auto digital AC, begitu juga dari sisi eksteriornya, New Avanza juga menggunakan lampu utama LED.

Sementara untuk New Veloz, TAM juga mengubah secara keseluruhan pada unit ini, mulai dari eksterior, interior maupun mesinnya. Namun fitur yang mencolok pada New Veloz ini teknologi lampu follow me home light. Fitur ini untuk pencahayaan saat malam hari pada pemilik kendaraan saat memasuki rumah

"Fitur ini hanya ditemukan di varian yang premium seperti Fortuner dan ini pertama kali dipakai di segmennya," ujar dia.

Untuk fitur keselamatan, kedua varian ini telah dilengkapi dual SRS airbags, seatbelt with pretensioner dan force limiter, ABS, isofix, 3-point seatbelt, side impact beam dan front passenger seat belt warning.

"Kelebihan yang dimiliki dua varian ini menjadikan pilihan pelanggan setianya. Perubahan yang diberikan ini, merupakan masukan dari konsumen setia Avanza," katanya.

Untuk harga kedua varian ini dimulai dari New Avanza Rp197 juta, sementara New Veloz Rp224 juta untuk harga Jakarta.

“Setiap wilayah memiliki nilai pajak yang berbeda dan ikut mempengaruhi harga jual mobil,” katanya.

Sementara Operation Manager Auto 2000 Area Sumatera Judianto mengatakan sebelum diluncurkan Intercom dan Auto 2000 terlah menerbitkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sejak Desember lalu, jumlahnya sebanyak 50 unit.

"Sebelum diperkenalkan dua dealer kita telah kumpulkan 50 SPK. Ini membuktikan antusias konsumen Toyota pada dua varian ini sangat tinggi," kata dia.

Judianto mengatakan untuk After Sales dua varian ini, Toyota telah menawarkan beberapa program menarik, baik itu oli gratis hingga jasa service.

"Jadi konsumen tinggal memikirkan bensin saja. Untuk perawatan kendaraan, telah kami berikan beberapa penawaran yang menarik," ujar Judianto.

Dirinya mengatakan pihaknya akan meningkatkan angka penjualan dari capaian yang didapatkan tahun lalu. Hadirnya dua varian dari segmen low MPV ini membuat pihaknya optimis dapat menguasai pangsa pasar khusus untuk Sumbar sendiri.

"Tahun lalu, untuk market share Avanza mencapai 40,2 persen dan tahun ini akan kita targetkan penambahan market share baik itu Avanza maupun penjualan seluruh produk Toyota," kata Judianto.

Berbicara Avanza, lanjutnya penjualan varian segmen low MPV di Pulau Sumatera sangat besar. Untuk itu, pihaknya akan menekankan seluruh dealer Auto 2000 yang di Sumatera untuk bisa menggenjot penjualan dua varian ini.

"Kita targetkan penjualan dua varian ini sebanyak 100 unit pada keempat dealer kita di Sumbar. Begitu juga untuk dealer kita yang tersebar di Sumatera," ujar dia.

Dalam peluncuran dua varian baru Toyota ini, ikut hadir Kepala Cabang Auto 2000 Khatib Sulaiman Nur Imansyah Tara, Kepala Cabang Auto 2000 By Pass Cevano, Kepala Cabang Intercom, Tjen Immanuel dan sejumlah komunitas Toyota. (*)