Forkopimda Agam Ziarah ke Makam Siti Manggopoh

id Ziarah

Forkopimda Agam Ziarah ke Makam Siti Manggopoh

Bupati Agam, Indra Catri meneburkan bunga ke salah satu makam di Makam Pahlawan Siti Manggopoh, Sabtu (10/11). (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Agam, melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Siti Manggopoh setelah pelaksanaan upacara memperingati Hari Pahlawan ke 73 di halam kantor bupati setempat, Sabtu.

Sesampai di makam, rombongan Forkopimda yang dipimpin Bupati Agam, Indra Catri, mendoakan para pahlawan yang telah gugur, memberikan penghormatan dan dilanjutkan tebur bunga.

Ia mengatakan, ziarah ke makam pahlawan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari pahlawan.

"Ziarah juga kita lakukan setiap Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dan kegiatan lainnya," katanya.

Peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru dalam mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah,” katanya.

Hal ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Dalam melihat sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI yang sejahtera, adil dan makmur.

“Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata akhir untuk berjuang,” ujarnya.

Untuk itu, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

Ia menambahkan, setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya.

Terkait dengan hal itu, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru dan membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

Bupati mengajak masyarakat untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara. (*)