100 kepala keluarga di Batang Saman Pasaman Barat dievakuasi

id Banjir,Banjir Pasaman Barat

Tim gabungan BPBD Pasaman Barat saat upaya evakuasi warga di Batang Saman Pasaman Barat untuk menghiindari banjir luapan sungai Batang Saman yang semakin meluas, Rabu (7/11).

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Sekitar 100 Kepala Keluarga di Batang Saman Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dievakuasi ketempat yang lebih aman karena meluapnya air Sungai Batang Saman, Rabu (7/11) malam.

"Hingga pukul 23.45 WIB luapan air semakin naik dan deras menutupi jalan. Diperkirakan ketinggian air dari satu sampai dua meter," kata Camat Pasaman, Andre Afandi didampingi Kepala Bagian Humas, Yosmar Difia dilokasi banjir Batang Saman, Rabu (7/11) malam.

Ia mengatakan untuk antisipasi ancaman banjir yang semakin meluas, pihaknya bersama BPBD, SAR, kepolisian dan TNI meganjurkan warga untuk mengungsi sementara karena air semakin naik.

"Hingga malam ini ada sekitar 100 kepala keluarga mengungsi ketempat yang lebih aman seperti rumah keluarganya yang jauh dari lokasi banjir. Tetapi ada juga warga yang memilih bertahan," katanya.

Pihaknya juga kesulitan menjangkau jembatan Batang Saman karena hujan dan air deras merendam jalan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan SAR juga menyiapkan perahu karet untuk evakuasi warga yang ingin mengungsi.

"Cuaca masih hujan dan air semakin naik. Masyarakat harua meningkatkan kewaspadaan," ajaknya.

Akibat meluapnya air Sungai Batang Saman, mengakibatkan arus transportasi dari Simpang Empat menuju Ujung Gading terputus.

Selain memutuskan arus transportasi juga mengakibatka antrean kendaraan. Dari data sementara puluhan rumah terendam banjir.

"Data pastinya belum kita peroleh karena saat ini anggota masih memberikan bantuan kepada warga untuk mengevekuasi ke tempat yang lebih aman," katanya.

Meluapnya Sungai Batang Saman terjadi pada Rabu malam akibat hujan yang terus terjadi dalam dua hari ini.

Saat ini petugas BPBD, kecamatan, SAR, pihak Kepolisian dan PMI sudah turun ke lapangan untuk memberikan bantuan evakuasi warga ketempat yang aman.

Ia menjelaskan, hujan yang turun sejak Rabu siang membuat sungai di sejumlah lokasi meluap ke permukiman warga.

Di antara lokasi yang banjir adalah Kampung Baru Ranah Batahan, Limpato Kajai Kecamatan Talamau, Koto Sawah, Lubuk Gobing dan sejumlah daerah lainnya. (*)

Baca juga: Sungai Batang Saman meluap putuskan transportasi Simpang Empat-Ujung Gading

Baca juga: Jalur Pasaman Barat- Madina Sumut terputus akibat banjir

Baca juga: Sungai di Pasaman Barat meluap, merendam rumah warga
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar