KRI Kala Hitam berpatroli di Perairan Mentawai

id KRI

KRI Kala Hitam berpatroli di Perairan Mentawai

Salah satu unsur kapal di bawah Satuan Patroli Lantamal II Padang, yaitu KRI Kala Hitam 828, ketika melakukan kegiatan di perairan Padang beberapa waktu lalu. (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Satu unit kapal perang yaitu Kapal Republik Indonesia (KRI) Kala Hitam-828, melaksanakan patroli pengamanan di laut perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar).

"Saat ini satu KRI sedang melakukan patroli dan penyisiran di laut perairan Mentawai dan seputaran pantai barat Sumatera," kata Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal Padang Kolonel Laut (P) Joko Triwanto di Padang, Sabtu.

Kapal perang yang dikomandani Mayor laut (P) Resmond Zamara itu, sudah berpatroli di perairan Mentawai sejak Kamis (1/11).

"Belum ada laporan penindakan dalam dua hari ini," katanya.

Ia mengatakan KRI Kala Hitam akan beroperasi hingga beberapa hari ke depan.

Sasarannya adalah pelanggaran pidana di laut, di antaranya pencurian ikan, penambangan liar, pembalakan liar, penyelundupan narkoba, barang terlarang, perdagangan manusia, dan lainnya.

Patroli itu dalam rangka memaksimalkan pengawasan di wilayah hukum Lantamal II Padang meliputi perairan Sumbar, Bengkulu, Nias, dan Sibolga.

Selain patroli, Satuan Kapal Patroli dan Lantamal II saat ini juga menyiagakan kapal di Dermaga Bungus, Padang, untuk mengantisipasi bencana.

Mengingat cuaca hujan yang terjadi di Sumbar beberapa hari terakhir.

"Unsur kapal disiagakan agar bisa bergerak cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana," katanya yang biasa disapa Jotri.

Pemantauan aktivitas pelayaran juga terus dilakukan saat ini, baik untuk kepentingan perdagangan ataupun pariwisata.