BKPSDM Pesisir Selatan pupuk kekompakan tim kerja melalui "outbond"

id Ahda Yanuar

BKPSDM Pesisir Selatan pupuk kekompakan tim kerja melalui "outbond"

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pesisir Selatan, Ahda Yanuar. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan menggelar "outbond" dalam upaya memupuk kekompakan tim kerja bagi seluruh organisasi perangkat daerah di kabupaten setempat.

"Outbond efektif dalam memupuk kekompakan tim karena kegiatan ini sarat akan rasa untuk saling percaya, peduli, proaktif dan lain sebagainya," kata Kepala BKPSDM setempat, Ahda Yanuar di Painan, Kamis.

Selain itu tambahnya, melalui outbond juga diharapkan gesekan-gesekan kecil yang terjadi antarpegawai selama menjalani tugas hilang dengan sendirinya.

"Dalam menjalankan tugas tentu tidak semuanya berjalan dengan mulus, apalagi menyangkut sebuah aturan tentu ada yang merasa terbebani dan melalui outbond mudah-mudahan semuanya kembali mencair," ungkapnya.

Outbond kata Ahda akan dilaksanakan secara bergantian antarorganisai daerah pada 2019.

Dengan terpupuknya kekompakan tim kerja di masing-masing perangkat daerah diharapkan berdampak baik terhadap kinerja pegawai dalam menjalankan tugas.

Karena menurutnya tanpa adanya tim kerja yang solid maka sebuah pekerjaan akan sulit dituntaskan apalagi untuk mencapai hasil yang maksimal.

"Mustahil perangkat daerah akan menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat sementara internal mereka terjadi gesekan dan mudah-mudahan kegiatan yang bakal direncanakan berdampak positif," ujarnya.

Outbond merupakan kegiatan yang digelar di lapangan terbuka, dalam praktiknya akan digelar beberapa permainan yang menantang.

Agar kompak biasanya permainan ini akan dimainkan oleh orang-orang yang telah dibagi dalam beberapa kelompok, outbond beberapa pilihan beberapa lembaga dalam memupuk kekompakan tim kerja pegawainya. (*)